9 Negara Ini Punya Etika Makan Paling Aneh di Dunia

Selasa, September 27, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Etika makan di setiap negara pastinya berbeda, namun harus tetap dihormati. Seperti 9 negara berikut yang memiliki etika makan paling aneh di dunia.

Setiap negara memiliki aturan berperilaku hingga tata cara makan yang berbeda. Tata cara atau etika makan yang biasanya paling digunakan, apalagi kalau sedang berlibur ke negara tersebut.


Di antara banyaknya etika makan yang baik dan terlihat sopan, beberapa negara di dunia ini justru kebalikannya. Dilansir dari MSN (26/9), ada sekitar 9 negara yang memiliki etika makan teraneh di dunia.

Berikut 9 negara dengan etika makan paling aneh di dunia:
1. Jepang

Etika Makan Jepang Foto: Getty Images/iStockphoto

Di beberapa negara, menyeruput makan sampai terdengar suaranya dilarang karena dianggap tidak sopan. Namun, di Jepang justru diharuskan.

Menyeruput makanan dengan suara yang keras di Jepang memiliki arti menikmati makanannya. Etika tersebut juga menandakan kalau kamu menghargai pekerjaan koki dan sebagai tanda rasa terima kasih.

2. Afganistan
Etika Makan Afganistan Foto: Getty Images/iStockphoto

Saat makanan jatuh, biasanya orang akan membuangnya. Berbeda dengan negara Afganistan yang memiliki etika makan berkaitan dengan makanan jatuh.

Saat makan roti di sana kalau terjatuh mereka harus mengambilnya, mencium, menempelkannya di kening, lalu ditaruh di samping. Dalam Islam, makanan dipandang sebagai hadiah dari Tuhan, dan menyia-nyiakannya dianggap dosa.

3. China dan Taiwan
Bersendawa setelah makan adalah hal yang tidak sopan dilakukan oleh orang di beberapa negara. Untuk orang di China dan Taiwan justru hal tersebut bentuk sanjungan tertinggi yang berarti menyukai makanannya.

4. Singapura
Makan permen karet sering dilakukan banyak orang saat sedang ngemil. Namun di Singapura, mengunyah permen karet tidak diperbolehkan. Karena dianggap sebagai perilaku yang buruk.

Mengunyah permen karet di jalan juga dianggap melanggar hukum. Sejak tahun 1992 ada aturan tidak boleh mengunyah permen karet dalam upaya menjaga kebersihan jalan.

5. Italia
Bagi penggemar keju, biasanya akan meminta tambahan keju pada beberapa jenis makanan. Namun, etika makan di Italia melarang untuk menambah ekstra keju pada makanan.

Jangan pernah meminta tambahan keju karena orang Italia telah serius menyajikan makanan. Ketika kamu meminta tambahan keju, makan akan dianggap sebagai kejahatan.

6. Kenya
Negara Kenya juga memiliki etika makan yang aneh. Yaitu harus selalu menerima teh atau kopi yang ditawarkan kepadamu.

Meskipun kamu hanya meminumnya sedikit. Jika cangkir kurang dari setengah penuh, itu akan selalu diisi ulang.

7. Thailand
Makanan khas Thailand terkenal lezat. Untuk menikmatinya, kamu akan disediakan alat makan yang sesuai berdasarkan jenis makanannya.

Seperti sendok dan garpu juga kerap digunakan. Namun di Thailand, cara penggunaan garpu harus diperhatikan. Garpu hanya digunakan untuk menahan makanan dan tak boleh dimasukkan ke dalam mulut.

8. Korea Selatan
Korea Selatan juga memiliki aturan makan yang aneh. Mereka akan dianggap tidak sopan kalau makan lebih dulu dari orang tua.

Dalam budaya Korea, orang yang lebih tua sangat dihormati. Tak peduli seberapa lama kamu kelaparan, etika tersebut harus diikuti.

9. Meksiko


Taco adalah makanan khas Meksiko yang sangat populer. Untuk menikmatinya, etika makan taco tidak memerlukan peralatan makan.

Apalagi jika kamu berada di Meksiko, tempat kelahiran taco. Tidak sopan memakan taco dengan garpu dan pisau, tetapi harus menggunakan tangan.


Sumber : detik.com

0 comments: