Alasan Bahasa Menjadi Kunci Kebudayaan dalam Peradaban Manusia

Jumat, September 23, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi alasan bahasa menjadi kunci kebudayaan dalam peradaban manusia, sumber foto Priscilla Du Preez on Unsplash
Bahasa memiliki peran yang sangat penting bagi peradaban umat manusia, karena bahasa merupakan salah satu alat komunikasi antar manusia. Tanpa adanya bahasa manusia akan sulit berinteraksi dengan manusia lainnya. Bahasa juga menjadi alat untuk berpikir dan belajar, di Indonesia sendiri karena merupakan negara kepulauan secara bahasa Indonesia memiliki banyak sekali bahasa daerah dan rata-rata ada perbedaan antara bahasa daerah satu dengan daerah yang lainnya. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah karena rakyat Indonesia disatukan dengan bahasa Indonesia. Bahasa juga memiliki peran penting dalam hal kebudayaan, lalu apa alasan bahasa menjadi kunci kebudayaan dalam peradaban manusia? Berikut adalah ulasannya secara lengkap.

Alasan Bahasa Menjadi Kunci Kebudayaan dalam Peradaban Manusia

Ilustrasi alasan bahasa menjadi kunci kebudayaan dalam peradaban manusia, sumber foto Brooke Cagle on Unsplash
Sebelum masuk ke pembahasan alasan bahasa menjadi kunci kebudayaan, mari kita pahami terlebih dahulu mengenai fungsi utama dari bahasa sendiri.Dikutip dari buku Bahasa Indonesia karya Widjino Hs, (2007: 15) dijelaskan bahwa bahasa memiliki beberapa fungsi secara umum.

Bahasa sebagai sarana komunikasi

Fungsi bahasa yang pertama adalah sebagai sarana komunikasi antar anggota masyarakat. Fungsi tersebut digunakan dalam berbagai lingkungan, tingkatan, kepentingan yang beraneka ragam, misalnya komunikasi ilmiah atau budaya.

Bahasa sebagai sarana integrasi dan adaptasi

Bahasa Indonesia berkedudukan sebagai bahasa nasional yang merupakan fungsi integratif. Dengan bahasa orang juga dapat mengatakan hidup bersama dalam suatu ikatan. Bahasa juga menimbulkan kemampuan dalam berinteraksi serta adaptasi.
Jika ditanya mengapa bahasa menjadi kunci kebudayaan dalam peradaban manusia, jawabannya adalah karena tanpa adanya bahasa manusia akan kesulitan dalam berkomunikasi. Hal tersebut akan membuat pembentukan kebudayaan dalam peradaban manusia sangat terganggu. Tidak hanya kebudayaan sebenarnya, bahasa juga memegang peran penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sejalan dengan perkembangan zaman yang semakin maju. Perkembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi membuat bahasa juga ikut terus berkembang. Oleh karena itu, perlu dilakukannya upaya pengembangan bahasa yang berkelanjutan. Dalam bahasa Indonesia sendiri pengembangan bahasa misalnya adalah pembakuan kata-kata tertentu sesuai dengan perkembangan zaman. Pembakuan ini dilakukan dengan memperhatikan asas demokrasi dan keragaman bahasa Indonesia yang diarahkan untuk menciptakan komunikasi yang lebih luas dan efektif.



Sumber : kumparan.com

0 comments: