Begini Rahasia Teknik Memasak Orang Jepang, Bikin Panjang Umur!

Rabu, September 07, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi cara makan dan masak orang Jepang yang bikin panjang umur. Foto: Shutterstock

Tahukah kamu bahwa teknik memasak orang Jepang dikaitkan dengan umur panjang yang dimiliki oleh rata-rata masyarakat negara tersebut. Menurut laporan yang diterbitkan di platform digital –Bank Dunia pada tahun 2022, harapan hidup di Negeri Sakura mencapai sekitar 85 tahun. Kira-kira, teknik memasak seperti apa yang digunakan oleh orang Jepang, ya?
Mengutip Times of India, terdapat empat teknik memasak rahasia ala orang Jepang yang membuat umur mereka panjang. Teknik-teknik ini berfokus pada kesederhanaan dan bahan alami sehingga sehat untuk dikonsumsi. Penasaran apa saja? Yuk, simak teknik rahasianya di bawah ini:

1. Musu

Ilustrasi memasak nasi Jepang ala musu Foto: dok.shutterstock
Musu adalah cara memasak makanan menggunakan uap yang dinilai kuno, tetapi sangat populer dipakai masyarakat Jepang. Melalui cara ini, rasa dan aroma alami makanan dapat dipertahankan dalam sebuah panci yang tertutup. Teknik ini adalah salah satu rahasia yang menjadikan makanan Jepang sehat untuk dikonsumsi.
Cara memasak tradisional ini dilakukan dengan memasukkan semua bahan makanan ke dalam panci dan memasaknya di atas api sedang hingga tinggi. Hal ini akan menghasilkan uap yang banyak untuk melakukan proses pematangan makanan dari dalam ke luar.
Proses memasak ini digunakan untuk membuat makanan; seperti mi atau nasi dengan daging, ikan, makanan laut, dan sayuran yang membutuhkan panas serta uap yang cukup agar dapat mempertahankan kandungan alami di dalamnya.

2. Yaku


Teknik rahasia memasak kedua adalah Yaku, yaitu melibatkan proses pemasakan secara langsung. Yaku juga termasuk dalam salah satu teknik memasak tertua di Jepang yang melibatkan proses marinasi serta memasah dengan suhu tinggi.
Pada teknik ini, makanan akan dimasak di atas api terbuka atau menggunakan panggangan tradisional. Biasanya, teknik ini digunakan untuk membuat daging, ikan, atau makanan laut.
Teknik memasak niru sering dikaitkan dengan merebus makanan. Namun, agak berbeda dengan teknik merebus secara umum, Niru menggunakan api kecil hingga sedang selama memasak. Cara ini akan membantu mempertahankan rasa yang lebih baik, dibandingkan dengan menggunakan api besar, seperti merebus pada umumnya.
Teknik ini biasanya digunakan dalam pembuatan dashi atau kaldu sup Jepang. Namun, dapat juga digunakan untuk membuat beberapa jenis makanan lezat dengan menggunakan bumbu, bahan, dan suhu yang berbeda untuk makanan tertentu.

4. Ageru


Terakhir adalah cara memasak ageru atau yang berarti menggoreng. Berbeda dengan menggoreng pada umumnya, teknik ini begitu memperhatikan proses penyerapan minyak dan suhu yang digunakan. Selain itu, bahan atau adonan yang dipilih juga begitu diperhatikan sehingga proses memasak menjadi efisien dan sehat untuk dikonsumsi.
Biasanya, teknik ini digunakan untuk membuat tempura dan hidangan goreng khas Jepang lain, yang dipasangkan dengan saus celup fermentasi, sehingga menambah kelezatan makanan.
Nah, itulah empat teknik rahasia memasak ala orang Jepang yang membuat mereka lebih panjang umur. Kamu tertarik untuk mencoba salah satu dari empat teknik di atas?

Sumber : kumparan.com

0 comments: