Bikin Turis Tak Nyaman, 9 Kebiasaan Ini Sebaiknya Dihindari Warga Lokal di Indonesia

Sabtu, September 10, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


ADA 9 kebiasaan warga terutama di Indonesia yang bisa membuat turis asing tidak nyaman. Sebaiknya kebiasaan ini tidak dilakukan di depan turis agar mereka bisa nyaman berwisata di Tanah Air.

Indonesia dinobatkan sebagai negara terindah di dunia berdasarkan studi dilakukan oleh Moneey, situs perbandingan harga berbasis di Inggris. Jadi tak heran jika banyak wisatawan mancanegara ramai berkunjung ke Indonesia, terutama Pulau Bali.

Namun, ada beberapa hal yang membuat para turis asing merasa tidak nyaman di Indonesia. Tentu saja sebaiknya hal ini dihindarkan demi kemajuan pariwisata Indonesia.


Berikut 9 kebiasaan yang sebaiknya tidak dilakukan oleh warga di Indonesia karena bisa bikin turis asing tidak nyaman.

1. Jarang tersedia tisu toilet

Masyarakat Indonesia terbiasa menggunakan air untuk cebok atau membersihkan diri setelah buang air besar. Jadi wajar saja banyak toilet umum di Indonesia tidak menyediakan tisu, tapi karena mengandalkan air bersih.

 Ilustrasi

Berbeda dengan di negara barat seperti Eropa dan Amerika yang biasa menggunakan tisu selepas buang hajat. Perbedaan kultur ini tentu saja membuang turis asing kadang merasa tak nyaman. Tapi, rata-rata di hotel-hotel maupun tempat penginapan kini pengelola tempat menyediakan tisu sekaligus air kok.

2. Warga sering bertanya hal personal

Sudah menjadi ciri khas orang Indonesia yang sering bertanya hal-hal berbau personal untuk sekedar basa basi. Rupanya hal ini bisa menganggu kenyamanan para turis asing. Mereka menganggap jika pertanyaan tentang status pernikahan, umur, dan lain-lain bersifat personal dan tidak seharusnya ditanyakan oleh orang ‘asing’.

3. Harga makanan yang dinaikan

Para turis asing yang datang ke Indonesia tak jarang dijadikan bahan aji mumpung bagi para pedagang. Para pedagang nakal ini kerap menaikkan harganya secara drastis jika dibeli oleh turis asing.

Aksi rasisme masih kerap terjadi di Indonesia. Apalagi jika warga lokal berhadapan dengan turis asing misalnya dari Afrika. Banyak penuturan dari para wisatawan Afrika yang mengatakan jika petugas bandara kerap melakukan ekstra cek pada barang yang mereka bawa.

5. Kebiasaan buang sampah sembarangan

Bukan rahasia lagi jika kesadaran membuang sampah pada tempatnya belum bisa dimiliki oleh semua masyarakat Indonesia. Hal ini lah yang kerap kali membuat turis asing risih dan jadi tidak nyaman.

6. Sering diajak foto

Kebiasaan yang satu ini kerap membuat para turis asing merasa heran dan juga tidka nyaman. Mereka sering kali tiba-tiba diajak foto oleh warga lokal.

7. Tidak sabaran

Di luar negeri, para pengendara mobil, motor, atau angkutan umum diwajibkan untuk disiplin dan taat lalu lintas. Sementara di Indonesia, banyak pengendara yang seolah-olah selalu terburu-buru dan tidak sabaran, sehingga sering melanggar lalu lintas. Tak hanya itu, pengendara juga kerap membunyikan klakson yang membuat situasi menjadi tambah tidak nyaman.

 Ilustrasi

8. Sering dipaksa beli dagangan

Tak sedikit para pedagang di tempat wisata yang sering memaksa para turis asing untuk membeli dagangannya. Bahkan beberapa sampai mengomel para turis asing yang tidak mau membeli.

9. Turis perempuan sering digoda warga lokal

Kejadian ini mungkin sudah tidak berlaku di Bali karena warga Bali sudah akrab dengan kedatangan turis asing. Namun, di beberapa tempat wisata lain di luar Bali, para turis perempuan masih kerap digoda para warga lokal.


Sumber : OKEZONE 

0 comments: