Cara Memulai Usaha Es Krim Rumahan dan Modal yang Dibutuhkan

Selasa, September 13, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Jakarta - Ingin memulai usaha rumahan dengan modal yang kecil? Usaha es krim rumahan dapat menjadi pilihan Anda! Untuk memulai usaha ini, Anda tidak memerlukan modal yang begitu besar dan peluang keuntungannya pun menjanjikan.

Ingin mengetahui cara memulai usaha es krim rumahan dan modal yang dibutuhkan? Simak artikel berikut ini!

Peluang Usaha Es Krim Rumahan
Mengutip Novia dan Adri dalam buku 80 Bisnis Sampingan Modal <5 Juta, es krim yang banyak dijual di warung atau swalayan merupakan produksi pabrik besar. Alhasil, harga yang dipasang pun cukup mahal demi menutupi ongkos produksi. Hal ini menyebabkan orang-orang mencari es krim enak dengan harga yang murah.

Dalam situasi itu, usaha es krim rumahan dapat menjadi peluang yang baik untuk dijalankan dan memperoleh penghasilan tambahan. Es krim produk rumahan dapat dijual dengan harga yang lebih murah, tetapi tetap mengedepankan kualitas. Peluang usaha ini semakin menguntungkan bila lingkungan rumah dipenuhi oleh anak-anak hingga remaja yang cenderung menyukai es krim.

Untuk menjalankan usaha es krim rumahan, Anda dapat memproduksi es krim sendiri atau bermitra dengan orang lain.

Cara Memulai Usaha Es Krim Rumahan
Ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan dalam memulai usaha es krim rumahan. Cara-cara ini dapat diterapkan agar usaha es krim rumahan Anda meraih keuntungan yang besar:

1. Mengenal Produk yang Dijual
Mengenal produk yang dijual dengan baik merupakan hal penting untuk diterapkan agar Anda dapat mengenalkan produk dengan baik kepada pelanggan atau konsumen Anda yang kebingungan dalam memilih produk.

Ada berbagai jenis es yang tersedia di pasaran, seperti gelato, sorbet, sherbet, hingga es krim frozen yoghurt. Anda harus mengetahui jenis es yang dijual agar tidak menimbulkan kesalahpahaman di antara konsumen.

2. Mencatat Modal yang Dibutuhkan Secara Rinci
Cara kedua adalah mencatat modal untuk usaha es krim rumahan. Pencatatan budget atau modal ini akan membantu Anda untuk memiliki gambaran terkait usaha es krim yang akan dijalankan nantinya. Pencatatan modal usaha es krim dapat meliputi bahan baku untuk membuat es krim, peralatan yang dibutuhkan, biaya operasional, sewa tempat jika berjualan secara offline, hingga gaji untuk karyawan.

3. Mencari Supplier yang Menyediakan Bahan Baku Berkualitas
Keunggulan usaha es krim rumahan adalah produksinya yang dibuat dengan hati-hati dan penuh pertimbangan. Oleh karena itu, penting untuk menemukan supplier yang menyediakan bahan baku dengan kualitas baik, tetapi dengan harga yang murah tentunya.

4. Mencari Informasi Terkait Peralatan yang Dibutuhkan
Anda perlu mencari informasi tentang peralatan pembuatan es krim yang berkualitas canggih, praktis, dan harga yang sesuai dengan kualitas yang diberikan karena peralatan yang baik dan menunjang akan membantu kelancaran produksi es krim.

5. Memilih Lokasi yang Strategis
Selanjutnya adalah memilih lokasi yang strategis. Anda dapat menggunakan halaman rumah atau bisa juga berkeliling untuk melakukan penjualan es krim. Namun, jika memiliki dana lebih, usaha es krim dapat dilakukan dengan menyewa stand di mall atau depan toko untuk memperluas target konsumen.

Hal terpenting dalam menentukan lokasi usaha es krim adalah target marketnya. Lokasi yang dipilih harus disesuaikan dengan target marketnya. Jika Anda memasang target market menengah ke atas dengan kualitas, harga, dan packaging es krim berlevel tinggi, sulit untuk menjualnya di daerah perumahan.

Modal Usaha Es Krim Rumahan
Untuk memulai usaha es krim rumahan, Anda dapat melihat rincian berikut ini sebagai perkiraan modal yang nantinya akan digunakan:

Investasi Awal
Freezer: Rp 2.500.000
Cooler: Rp 450.000
Mixer: Rp 300.000
Total investasi awal: Rp 3.250.000

Tips Usaha Es Krim Rumahan Agar Laris
Untuk memperlaris usaha es krim rumahan, Anda dapat menerapkan tips berikut ini yang dijelaskan oleh Novia dan Adri dalam buku 80 Bisnis Sampingan Modal <5 Juta:

Titipkan di Toko
Anda dapat menjual atau menitipkan produk es krim ke warung-warung atau toko dan swalayan. Hal ini dapat mempercepat penjualan es krim Anda.

Gunakan Resep Unik
Buatlah resep es krim yang unik atau berbeda dari merek lain. Resep es krim yang unik akan menonjolkan ciri khas usaha es krim Anda dan berpotensi menjadi kesukaan banyak konsumen.

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Es Krim Rumahan
Meski usaha es krim rumahan terkesan menjanjikan dan memiliki peluang usaha yang cukup baik, ada kekurangan yang mungkin dapat Anda rasakan dari membuka es krim rumahan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan
1. Modal Kecil
Untuk menjalankan usaha es krim rumahan, Anda tidak memerlukan modal yang terlalu besar, terutama bila Anda menjalankan usaha tersebut tanpa menyewa tempat. Dengan membuat sejumlah cup kecil es krim, Anda dapat mencapai pengembangan usaha.

Hal penting dari berbisnis es krim adalah melakukan inovasi rasa yang mampu memikat pelanggan.

2. Target Market Luas
Kelebihan selanjutnya adalah target market yang luas. Es krim dapat disukai oleh semua kalangan usia dan ekonomi, tak dibatasi oleh apapun. Bahkan, sejumlah orang rela membayar mahal demi rasa es krim yang unik.

3. Tidak Mengenal Musim
Usaha es krim rumahan tidak mengenal musim. Jenis usaha ini bukanlah suatu hal yang dikekang oleh waktu dan dapat basi kapan pun. Bahkan, es krim semakin diminati ketika terjadi musim kemarau yang panas dan panjang.

Kekurangan
1. Biaya Listrik yang Besar
Kekurangan pertama dari usaha es krim adalah biaya listrik yang besar. Hal ini dapat terjadi karena es krim memerlukan cold storage atau freezer yang terus menyala sehingga menyebabkan tagihan listrik yang tinggi.

Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan biaya listriknya dan memikirkan kemungkinan penggunaan genset.

2. Supplier Bahan Baku Berkualitas Rendah
Kekurangan selanjutnya adalah penggunaan bahan baku es krim yang harus berkualitas tinggi, sedangkan sebagian supplier bahan baku es krim mungkin menyediakan kualitas yang rendah, terutama ketika bahan baku dijual murah.

Anda perlu memilih supplier yang tepat untuk menjalankan usaha es krim dengan baik.

Itulah berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk membuka usaha es krim rumahan. Usaha satu ini memiliki potensi keuntungan yang baik karena target marketnya yang luas, tidak terikat musim, dan membutuhkan modal yang kecil.

Hal yang Anda perlu pertimbangkan dari usaha ini adalah penggunaan listrik yang besar dan pemilihan supplier bahan baku yang ketat.


Sumber : detik.com

0 comments: