Contoh Pengaruh Budaya Barat pada Teater Modern

Sabtu, September 10, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi Contoh Pengaruh Budaya Barat pada Teater Modern (Foto: Gwen King | Unsplash.com)

Teater adalah suatu seni pertunjukan drama yang dipentaskan di atas panggung. Saat ini teater tidak sepopuler zaman dulu. Karena sekarang ini sudah ada banyak jenis hiburan yang bisa dipilih. Ada beberapa jenis teater yaitu, teater tradisional dan teater modern. Teater modern berkembang pada umumnya memperoleh pengaruh dari budaya barat. Apakah kalian suka menonton pertunjukkan teater? Supaya kalian bisa lebih memahami tentang teater modern, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Pengaruh Budaya Barat pada Teater Modern

Dikutip dari buku Apresiasi Drama yang ditulis oleh Nuryanto (2017), yang diutamakan dalam teater modern bukanlah jalan cerita, tetapi lebih mengutamakan problem dan konflik, permasalahan kejiwaan lengkap dengan tokoh-tokoh dan perwatakannya.
Teater pertama kali ada pada zaman Yunani Kuno. Cerita yang diangkat adalah mitos dan legenda. Biasanya pada pertunjukan teater Yunani Kuno ada paduan suara. Lalu pada tahun 753 SM orang Romawi melanjutkan tradisi teater Yunani Kuno. Pertunjukan teater Romawi menampilkan akrobat, menari, pertarungan, dan hewan atau orang dibunuh di atas panggung.
Di Indonesia sebenarnya teater tidak asing lagi. Pada zaman dulu awalnya dikenal teater tradisional di Indonesia. Teater tradisonal sangat populer di Indonesia dan tiap daerah memiliki istilahnya sendiri. Teater ini dipentaskan di sembarang tempat dan sifatnya improvisasi atau tanpa naskah.
Pada dasarnya teater tradisonal terdapat di hampir semua daerah di Indonesia. Oleh karena itu, teater tradisional disebut juga sebagai teater daerah karena biasanya pertunjukannya memakai bahasa daerah.
Seiring dengan perkembangan zaman, teater di Indonesia juga semakin berkembang. Di Indonesia teater modern mulai ada pada awal abad ke-20. Dulu orang menyebut teater Indonesia pada masa itu komidi opera, komidi bangsawan, stambul, tonil, dan sandiwara.
Teater modern dipentaskan berdasarkan naskah cerita tertulis, diangkat dari suatu hasil karya sastra serta diikat oleh pengertian dan hukum dramaturgi. Teater modern ini struktur, materi, dan pengolahannya didasarkan pada teater barat.
Demikian penjelasan mengenai teater modern berkembang pada umumnya memperoleh pengaruh dari budaya barat. Semoga penjelasannya bermanfaat.

Sumber : kumparan.com

0 comments: