Cuma Angkut Satu Penumpang, Stasiun Ini Jadi yang Paling Sepi di Dunia

Jumat, September 02, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi penumpang yang tengah menunggu di stasiun. Foto: Daniel Sztork/Shutterstock

Sebagai salah satu moda transportasi massal, stasiun kereta api biasanya identik dengan banyaknya penumpang yang bepergian dari satu tempat ke tempat lain. Di Jepang misalnya, Stasiun Shinjuku menjadi salah satu stasiun terpadat di dunia, karena mengangkut 3,6 juta orang setiap harinya.
Hanya saja, berbanding terbalik dengan Stasiun Shinjuku, nyatanya ada satu stasiun kereta api yang malah mengangkut segelintir penumpang saja. Stasiun ini pun dinobatkan sebagai salah satu stasiun paling sepi di dunia.
Ilustrasi stasiun kereta api paling sunyi di dunia. Foto: Kev Gregory/Shutterstock

Dilansir Amusing Planet, pemandangan sepinya penumpang seolah jadi hal lumrah di Shippea Hill Station yang terletak di Cambridgeshire, Inggris. Bagaimana tidak? Kalau stasiun pada umumnya bisa mengangkut ratusan, bahkan ribuan penumpang setiap harinya, tetapi stasiun ini hanya mengangkut satu orang penumpang. Itu pun bukan dalam hitungan harian, melainkan bulanan.

Meski tak mengangkut penumpang, stasiun ini tetap beroperasi dengan kedatangan satu kereta setiap minggunya. Yang menarik dari stasiun ini adalah kereta tidak akan pernah berhenti jika penumpang tidak melakukan pemesanan sebelumnya.
Simon Usborne yang pernah mengulas stasiun itu mengatakan bahwa tidak ada stasiun paling sepi di dunia, selain di Shippea Hill.
“Sulit membayangkan tempat yang lebih sunyi untuk turun dari kereta api,” ungkap Usborne, seperti dikutip dari tulisannya di The Guardian.

Pernah Jadi Stasiun Paling Aktif

Kalau kamu bertanya, kenapa, ya, stasiun ini tidak ditutup saja? Atau, kok bisa tak pernah ada penumpang yang naik dari stasiun ini? Ada beberapa alasan mengenai hal tersebut.
Pertama, meski sepi, nyatanya dulunya Shippea Hill merupakan stasiun yang melayani jalur utama kereta logistik. Setiap harinya, ada dua kereta kargo berisi muatan sayuran yang didistribusikan ke beberapa wilayah sekitar, tak terkecuali London.
Selain kereta logistik, ratusan orang pernah memadati stasiun ini setiap harinya, termasuk para penerbang dari pangkalan militer Royal Air Force Lakenheath atau RAF Lakenheath.


Sayangnya, seiring berjalannya waktu, komunitas di sekitar stasiun perlahan meninggalkan tempat tersebut, karena kereta sayur yang jadi transportasi utama kini digantikan dengan mobil-mobil truk.
Tak hanya itu, komunitas yang menjual sayur-mayur di sekitarnya pun perlahan berhenti dan kini memilih pindah dari tempat tersebut.

Bukan Satu-satunya Stasiun yang Sepi Penumpang

Stasiun Shippea Hill bukanlah satu-satunya stasiun kereta api yang memiliki cerita menyedihkan. Stasiun Kyu-Shirataki di Jepang juga memiliki nasib serupa.
Stasiun ini juga sangat sepi, karena hanya disinggahi dua kereta setiap harinya. Kereta tersebut berhenti di pagi hari untuk menjemput Kana Harada, seorang siswa SMA setempat.
Ilustrasi stasiun kereta api paling sunyi di dunia. Foto: Nick Beer/Shutterstock
Di malam harinya, kereta kembali lagi untuk mengantar siswa tersebut kembali rumah. Kana Harada menjadi satu-satunya penumpang di stasiun itu.
Beberapa tahun lalu, Hokkaido Railway Co, operator kereta api setempat pernah berencana untuk menutup stasiun tersebut, karena lokasinya yang berada di tempat terpencil. Hanya saja, pihaknya memutuskan untuk tetap membiarkan stasiun itu hidup, agar Harada bisa tetap sekolah.
Pada Maret 2016 saat Harada lulus SMA, beberapa penduduk setempat berkumpul memegang spanduk bertuliskan "Stasiun Kyu-shirataki, 69 tahun", seraya mengucapkan terima kasih kepada Hokkaido Railway Co.

Sumber : kumparan.com

0 comments: