Fakta Unik Negara ASEAN yang Tidak Memiliki Laut

Selasa, September 06, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Fakta Unik Negara ASEAN yang Tidak Memiliki Laut, Foto: Unsplash.

Negara ASEAN yang tidak memiliki laut adalah negara mana? Kamu yang memiliki pertanyaan ini pasti bingung untuk menjawabnya. Bahkan ada beberapa yang baru tahu bahwa negara di ASEAN ini ada satu negara yang tidak memiliki laut. Negara ini berbatasan dengan negara-negara lainnya sehingga tidak memiliki laut. Ada fakta unik di balik negara ini. Negara manakah itu? Apa fakta uniknya?

Dikutip dari buku Majalah Masyarakat ASEAN Edisi 28: Creative & Digital Economy karya Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN (2021: 24), negara ASEAN ini adalah negara yang berhimpun menjadi satu kesatuan untuk memajukan perekonomian dan menjaga perdamaian di suatu wilayah. Peran ini merupakan tanggung jawab semua negara anggota ASEAN sebagai wujud kesatuan dan sentralitas ASEAN. Terdapat 10 negara yang tergabung dalam negara ASEAN.
Pada umumnya setiap negara itu ada laut yang membatasi negaranya. Tetapi salah satu negara ASEAN, ada negara yang tidak memiliki laut baik dalam negaranya ataupun batas negaranya. Negara ini dikelilingi oleh negara tetangga yang menyebabkan tidak memiliki laut. Tetapi dengan tidak memiliki laut, negara ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh negara lainnya. Negara ini menjadi berbeda dari negara lain yang memiliki laut.
Negara ASEAN yang tidak memiliki laut adalah Laos. Simak penjelasan lengkapnya mengenai negara tersebut dalam ulasan berikut ini.

Fakta Unik Negara ASEAN yang Tidak Memiliki Laut

Fakta Unik Negara ASEAN yang Tidak Memiliki Laut, Foto: Unsplash.
Negara ASEAN yang tidak memiliki laut adalah Laos. Laos yang secara resmi bernama Republik Demokratis Rakyat Laos merupakan sebuah negara yang tidak memiliki lautan dan semua wilayahnya berupa dataran di Asia Tenggara sehingga menyebabkan negara ini menjadi unik. Laos berbatasan dengan Myanmar dan Republik Rakyat Tiongkok di sebelah barat laut, Vietnam di timur, Kamboja di selatan, dan Thailand di sebelah barat. Ibukota dari Laos adalah Vientiane yang berdiri pada 2 Desember 1975.

Keunikan negara Laos

1. Menjadi Satu-satunya Negara di Asia Tenggara yang Tidak Memiliki Laut
Dikelilingi oleh daratan, wilayah Laos disebut sebagai "The Land Locked Country". Meskipun tidak memiliki laut, Laos menajdi salah satu jembatan impor dan ekspor yang dilalui oleh beberapa negara. Mereka yang melalui darat akan ke Laos terlebih dahulu.
2. Laos Memiliki Pasukan Angkatan Laut Meski Tidak Memiliki Lautan
Meskipun tidak memiliki lautan, negara Laos juga memiliki Pasukan Angkatan Laut. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika suatu saat nanti dibutuhkan penjagaan dan terjadi suatu hal yang tidak diinginkan terjadi. Laos memiliki pasukan angkatan laut sejak tahun 1975 yang merupakan sisa dari angkatan laut dari Kerajaan Laos. Demikianlah jawaban untuk pertanyaan negara ASEAN yang tidak memiliki laut adalah Laos.
Banyak fakta unik lainnya yang dimiliki negara Laos. Salah satunya adalah negara Loas tetap memiliki Pasukan Angkatan Laut meskipun tidak memiliki lautan, meskipun seluruh wilayahnya berupa daratan. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga dan melatih ketika suatu saat nanti dibutuhkan.(Umi)

Sumber : kumparan.com

0 comments: