Gejala dan Cara Atasi Infeksi Telinga pada Bayi

Jumat, September 23, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Infeksi telinga merupakan salah satu penyakit yang umum dialami oleh bayi dan balita. Mengutip What to Expect, kondisi yang disebut dengan otitis media ini terjadi ketika rongga telinga bagian tengah tersumbat oleh cairan yang membuat virus atau bakteri terperangkap di dalam. Hal itulah yang menyebabkan infeksi dan peradangan. Telinga si kecil pun akan terlihat kemerahan dan terlihat benjolan di dekat gendang telinga.

Bayi umumnya terkena infeksi telinga saat ia pilek atau mengalami infeksi saluran pernapasan. Ia biasanya merasakan sakit dan gangguan pendengaran sementara saat mengalami infeksi telinga. Selain itu ia mungkin juga akan mengalami demam sebagai reaksi tubuh untuk melawan virus tersebut.
Nah Moms, berikut ini gejala dan cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi infeksi telinga pada bayi yang mungkin bisa Anda coba.

Gejala Infeksi Telinga pada Bayi


  1. Sering menarik-narik telinganya atau memukul kepala dengan sengaja
  2. Terlihat tidak nyaman di telinga atau kepala
  3. Menangis lebih sering dari biasanya
  4. Sering terbangun pada malam hari dan sulit tidur
  5. Lambat dalam merespons suara
  6. Demam
  7. Kehilangan keseimbangan saat merangkak atau berjalan
  8. Merasa tidak nyaman saat berbaring, mengunyah, atau mengisap
  9. Nafsu makan menurun.
  10. Keluar cairan bening, berdarah, atau nanah dari telinga
  11. Ada kerak yang menumpuk di telinga.

Cara Mengatasi Infeksi Telinga pada Bayi

1. Kompres Telinga Bayi
Untuk mengurangi rasa sakit pada telinga bayi, Anda dapat mengompresnya dengan kompres hangat maupun kompres dingin. Usapkan kompres tersebut di telinga bagian luar saja ya, Moms.
2. Tinggikan Kepala Bayi
Jika bayi sudah berusia 12 bulan ke atas, Anda mungkin bisa menambahkan bantal di tempat tidurnya agar kepalanya lebih terangkat saat tidur. Cara ini dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit pada telinga si kecil.
3. Segera Periksakan ke Dokter
Jika bayi demam di atas 37 derajat celcius dan telinganya mengeluarkan cairan atau nanah, segera bawa bayi ke dokter untk mendapatkan pertolongan medis lebih lanjut. Dokter biasanya akan meresepkan antiobiotik yang harus dihabiskan selama 10 hari dan obat berepa nyeri untuk menghilangan rasa sakit dan demam.

Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: