Gugup Hadapi Ujian? Atasi dengan Pilihan Makanan dan Minuman Ini

Kamis, September 15, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

com-Ilustrasi Persiapan Ujian Foto: Shutterstock

Pernahkah kamu merasa gugup atau tidak yakin ketika menghadapi ujian? Lantas, apa yang akan kamu lakukan? Ya, memberi asupan makanan pada tubuh dan otak adalah jawaban yang mungkin akan terlintas untuk mengatasi masalah satu ini.

Mengutip BBC, ternyata mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat dapat membantu kamu dalam menghadapi ujian. Hal ini dikarenakan makanan tertentu dapat membantu mendapatkan energi dan meningkatkan konsentrasi serta daya ingat, lho.

Sarapan terbaik di hari-hari ujian

Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang telah sarapan terlebih dahulu dapat lebih maksimal dalam menghadapi ujian. Sarapan yang baik didapatkan dari makanan yang mengandung karbohidrat lepas lambat; seperti bubur oat dan roti gandum. Selain itu, kamu bisa menambahkan makanan berprotein ke dalam sarapan; seperti susu, yoghurt, atau telur agar perut terasa kenyang lebih lama.
Hal yang tidak kalah penting lainnya, kamu disarankan untuk sarapan dengan makanan kaya akan lemak Omega-3; seperti ikan salmon dan makarel asap. Hal ini dikarenakan kandungan dalam makanan tersebut diyakini memiliki sifat untuk meningkatkan kinerja otak.
Sementara itu, sebagian dari kamu mungkin bertanya-tanya mengenai fakta bahwa tidak semua orang menghadapi ujian di pagi hari. Dengan begitu, saran dan anjuran sarapan tersebut mungkin saja tidak akan terlalu efektif lagi.
Oleh karena itu, bagi kamu yang akan melaksanakan ujian setelah melewati jam makan siang atau bahkan makan malam. Kamu dapat memilih makanan yang seimbang untuk membantu mendapatkan fokus yang maksimal.
Meskipun, pada kenyataannya tidak ada satu pun makanan yang lengkap secara nutrisi. Akan tetapi, kamu dapat mengatasinya dengan melakukan variasi atau memadukan makanan yang cocok agar dapat melaksanakan ujian secara baik.
Adapun makanan yang dapat membantu kamu untuk menghadapi ujian secara maksimal; yaitu sayuran, buah-buahan, biji-bijian, serta makanan yang mengandung protein dan lemak baik.

Apakah meminum air juga membantu melancarkan kinerja otak saat ujian?

Tentu tidak lengkap rasanya bila makan tanpa minuman. Terlebih, minum air putih juga merupakan salah satu cara terbaik untuk memaksimalkan fokus dengan tetap terhidrasi atau cukup minum.
Hal ini dikarenakan jika kamu mengalami dehidrasi ringan sekalipun, maka akan menyebabkan kelelahan, sakit kepala, berkurangnya kewaspadaan dan konsentrasi. Oleh karena itu, bila memungkinkan, simpanlah sebotol air minum di dalam ruangan ujian.
Menurut studi Universitas East London dan Westminster pada tahun 2012,terhadap 447 mahasiswa, menunjukkan bahwa mereka yang menyimpan botol air dan meminumnya di dalam ruangan, ternyata membantu meningkatkan hasil ujian dengan rata-rata 5 persen dibandingkan dengan yang tidak.
Selain itu, dalam hal ini tidak hanya air putih saja yang dapat membantu meningkatkan kemampuan kamu dalam menghadapi ujian. Akan tetapi, minuman sehat lainnya; seperti susu, jus, serta kopi dan teh yang mengandung kafein tinggi juga dapat kamu jadikan pilihan.
Terakhir, satu hal penting lainnya yang perlu diingat bahwa makanan dan minuman tersebut hanya menawarkan manfaat dalam membantu kamu dalam menghadapi ujian. Bukan berarti kamu dipastikan akan mendapatkan nilai yang terbaik. Oleh karena itu, kamu juga tetap harus belajar, ya!
Sumber : kumparan.com

0 comments: