Gunung Papandayan, Daftar Objek Wisata dan Harga Tarifnya

Kamis, September 08, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Bandung - Gunung Papandayan adalah salah satu gunung yang populer di Jawa Barat. Berada di ketinggian 2665 mdpl, Gunung Papandayan merupakan salah satu gunung api yang cukup aktif.

Dari catatat sejarah, gunung Papandayan pernah meletus tahun 1772, 1923, 1942 dan terakhir 2002.

Gunung Papandayan menjadi destinasi wisata alam dengan nama Taman Wisata Alam Gunung Papandayan (TWA Gunung Papandayan). Terletak di Desa Simajaya dan Desa Keramat Wangi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, serta Desa Neglawangi, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung.

Bukan hanya mendaki dan berkemah saja, kamu bisa mengeksplor sejumlag objek wisata menarik lainnya di Gunung Papandayan. Dikutip dari laman TWA Papandayan, berikut ini objek wisata di Gunung Papandayan :

Kawah Baru
Asal nama Kawah Baru karena tahun 2002 terjadi letusan yang menghasilkan kawah dan dinamakan Kawah Baru. Kawah baru memiliki danau air dingin berdiameter 10 meter yang terletak tepat di bawah kawah. Hal unik dari kawah danau baru adalah warna airnya mulai dari warna hijau kehitaman hingga bening tak berwarna. Dan disekililing Kawah Baru terdapat pohon hangus yang diakibatkan oleh letusan.

Kawah Emas
Asal usul nama Kawah Emas yaitu pada zaman Belanda terdapat aktivitas penambangan di tempat tersebut. Sebagian masyarakat lainnya mengatakan bahwa nama Kawah Emas diambil karena kawahnya berwarna keemasan.
Kawah Emas memiliki suhu paling tinggi dibandingkan dengan suhu kawah lainnya. Terletak di tengah kubah Gunung Papandayan dengan lebar 150 meter.

Kawah Pengantin
Kawah pengantin terdiri dari dua kawah. Mitos yang berkembang di masyarakat mengenai nama Kawah Pengantin yaitu terdapat sepasang pengantin yang terjatuh ke dalam kawah tersebut.
Kawah Pengantin mengeluarkan uap belerang.

Kawah Nangklak
Kata Nangklak memiliki arti terbuka atau jelas. Kawah Nangklak ditutupi oleh warna kekuningan yang menandakan kawah tersebut memiliki kandungan belerang yang tinggi dan menyebabkan bau belerang yang cukup kuat.

Kamu juga bisa mengekspolrasi area di Gunug Papandayan seperti :

Pondok Salada Camping Area
Berada di ketinggian 2.290 mdpl dengan luas 8 Ha yang ditumbuhi oleh eidelweis dan memiliki mata air Cisaladah. Bunga eidelweis menjadi magnet bagi pengunjung untuk datang ke Gunung Papandayan yang merupakan tempat eksotis untuk menikmati eidelweis di Indonesia.

Pondok Salada biasanya juga digunakan para pendaki untuk bermalam karena memiliki topografi yang landai dan luas serta terdapat sumber mata air bersih pada sisi kiri dari arah jalur masuk.

Hutan Mati
Hutan mati Gunung Papandayan terkenal dengan keindahan pemandangannya yaitu berdirinya pohon-pohon mati yang terbakar akibat letusan Gunung Papandayan pada tahun 2002. Pada permukaan tanahnya yang berwarna putih sarat mengandung belerang.

Ghober hoet Camping Area
Ghober Hoet camping area merupakan suatukawasan area terbuka dengan pemandangan ke arah kawah dan selain itu pengunjung dapat menikmati pemandangan Gunung Cikurai. Ghober hoet camping area ini juga merupakan tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan matahari terbit (sunrise).

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi Gunung Papandayan dan mengeksplorasi objek wisata yang ada di dalamnya, kamu perlu membayar tiket masuk terlebih dahulu.

Berikut ini harga tiket TWA Gunung Papandayan
Pengunjung Nusantara Rp 20.000 (weekday) - Rp 30.000 (weekend)
Pengunjung Mancanegara Rp 200.000 (weekday) - Rp 300.000 (weekend)
Kendaraan Roda Dua Rp 12.000 (weekday) - Rp 17.000 (weekend)
Kendaraan Roda Empat Rp 25.000 - Rp 35.000 (weekend)
Kendaraan Roda Enam Rp 110.000 - Rp 150.000 (weekend)
Sepeda Rp 7.000 (weekday) - Rp 10.000 (weekend)
Rombongan Pelajar Nusantara Rp 18.000 (weekday) - Rp Rp 20.000
Rombongan Pelajar Mancanegara Rp 200.000 (weekday) - Rp 300.0000 (weekend)

Tarif Lain-lain
Berkemah/Camping Rp 35.000
Berkemah/Camping Rombongan Pelajar Rp 22.500
Berkemah/Camping Rombongan Mancanegara Rp 105.000
Foto Prewedding Rp 500.000
Shooting Video Individu/Company Rp 800.000
Shooting Video Komersil Rp 2.000.000/hari

Akses menuju Gunung Papandayan
Dari Bandung :

Dengan transportasi umum : Berangkat dari Terminal Leuwi Panjang atau Terminal Cisaheum menggunakan angkutan Elp (jurusan: Bandung - Cikajang Rp. 30.000/orang) lalu turun di Kecamatan Kasurupan.

Dari Jakarta :

Dengan transportasi umum : Berangkat dari Terminal Kampung Rambutan menggunakan bis Karunia Bakti (jurusan: Jakarta - Garut) lalu turun di Terminal Garut. Kemudian naik angkutan Elp (jurusan: Garut - Cikajang Rp. 15.000/orang)


Sumber : detik.com

0 comments: