Ibu Pekerja Wajib Baca, Tips Memompa ASI di Kantor

Sabtu, September 10, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi ASI perah (foto: istimewa)

BAGI Anda ibu pekerja mungkin sangat khawatir harus meninggalkan bayi yang masih menyusui di rumah. Apalagi jika sang buah hati masih membutuhkan Air Susu Ibu (ASI). Karena ASI terutama untuk 6 bulan pertama bayi sangat penting.

Mau tak mau Anda harus memompa ASI saat dikantor.Terkadang Anda harus membagi waktu antara pekerjaan dan waktu memompa.

Tapi jangan panik dahulu, Anda pasti bisa melakukannya. Simak juga tips agar memerah ASI lancar di kantor, yang dikutip dari berbagai sumber, Jumat (9/9/2022).

1. Jangan stres

Ingat Bunda, jika stress produksi ASI akan menurun. Jadi usahakan tetap pintar mengelola stress Anda meski di bawah tekanan saat bekerja. Misalnya, memompa ASI sambil mendengarkan musik, atau sambil makan makanan kesayangan.

2. Atur waktu memerah

Anda juga harus rajin-rajin memerah ASI di kantor. Jadwalkan yang setiap 2-4 jam sekali. Tapi ingat, jangan pernah menarget jumlah ASI yang keluar. Ini agar Anda tidak stress sendiri. Lagipula kondisi tubuh akan berbeda-beda setiap waktu. Kalau dipaksakan juga bahya. Bisa membuat puting menjadi lecet.

3. Alat memerah yang nyaman 

Banyak tersedia alat memerah ASI yang bisa dibawa ke manapun bagi ibu menyusui. Gunakan alat pompa yang membuat Anda jaman. Jangan yang makin menambah pekerjaan dan pikiran Anda.

4. Jangan lupa wadah ASI

asi

Setelah ASI diperah pastinya ditempatkan di wadah yang aman. Jangan lupa bawa botol atau plastik penyimpan ASI yang aman. Simpan di dalam kulkas kantor yang higienis. Kalau memang kulkasnya campur dengan bahan makanan lain, simpan wadah penyimpan ASI yang Anda gunakan agar tidak tercampur oleh bakteri.

5. Selalu cuci tangan sebelum memerah ASI 

Sebagai ibu yang sayang terhadap bayinya, jangan pernah lupa cuci tangan pakai sabun. Hal ini wajib dilakukan meski Anda jauh dari si kecil atau sedang bersamanya. Begitu juga saat akan memerah ASI, jangan lupa cuci tangan untuk agar tangan bebas kuman dan bakteri.


Sumber : okezone.com

0 comments: