Ini Keuntungan Buka Bisnis Laundry di Perumahan

Selasa, September 27, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ini Keuntungan Buka Bisnis Laundry di Perumahan
Ilustrasi bisnis laundry. (Shutterstock)

Suara.com - Akhir-akhir ini, bisnis laundry banyak dilirik masyarakat sebagai peluang bisnis. Hal ini lantaran semakin besarnya pasar bisnis ini. Tak hanya karyawan yang sering lembur atau mahasiswa yang enggan mencuci sendiri, kini semakin banyak keluarga yang lebih memilih menyerahkan cuciannya pada jasa laundry lantaran dinilai lebih praktis. Itu sebabnya, perumahan merupakan salah satu target lokasi yang bagus bagi bisnis laundry.

Meski terlihat sederhana, bisnis laundry ternyata menjanjikan cuan yang cukup menggiurkan, lho. Keuntungannya bisa mencapai sekitar 30% dari harga cuci per kilogramnya. Terlebih bila Anda membuka bisnis ini di perumahan, harga sewanya tentu tak semahal menyewa ruko di lokasi yang ramai.

Tertarik membuka bisnis laundry di perumahan? Apa saja keuntungannya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini, mengutip dari laman CIMB Niaga.

1. Dekat dengan target pasar

Carilah perumahan yang memiliki banyak kos-kosan, baik untuk karyawan maupun mahasiswa. Selain itu, Anda juga bisa memilih lokasi di mana banyak tinggal keluarga muda, di mana suami istri sibuk bekerja, sehingga mengandalkan jasa laundry daripada mencuci pakaian sendiri. Mereka yang membutuhkan jasa laundry, pasti akan memilih laundry yang dekat dengan tempat tinggalnya agar tidak repot saat mengantar dan mengambil pakaian.

2. Mudah menjalankan marketing

Di area perumahan, teknik marketing 'word of mouth' masih sangat ampuh untuk dipraktikkan. Buatlah satu promo tertentu, misal 'cuci 2 kg gratis 1 kg'. Dijamin, promo ini akan segera tersebar di seantero perumahan setelah ada satu atau dua warga yang menikmatinya.

3. Sewa tempat lebih murah

Bukan tidak mungkin, lho, Anda membuka bisnis laundry di perumahan tempat tinggal Anda sendiri. Bahkan, kalau bisa, Anda tak perlu menyewa tempat, karena bisa memanfaatkan lahan yang ada untuk menjalankan bisnis ini, misalnya garasi, atau ruang tamu depan. Dengan begitu, Anda pun bisa menjaga laundry dari pagi sampai malam tanpa harus meninggalkan rumah.

4. Sistem keamanan lebih terjamin

Meski tak seramai jalan raya atau tempat ramai lainnya, perumahan punya keuntungan berupa warga yang saling mengenal satu sama lain. Satu saja orang asing datang, maka akan menarik perhatian warga sekitar. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi risiko pencurian atau perampokan oleh orang asing.

5. Bisa berdayakan warga sekitar

Anda mungkin membutuhkan seorang helper atau tukang setrika untuk bisnis laundry ini. Nah, di perumahan, akan lebih mudah juga bagi Anda untuk merekrut warga sekitar.

Sumber : suara

0 comments: