Intip Pesona Danau Ranau di Lampung, Tawarkan Pemandangan Eksotis

Rabu, September 07, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


BAGI kamu yang ingin plesiran ke Lampung, tak ada salahnya mencoba berkunjung ke Danau Ranau.

Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Sumatra, setelah Danau Toba.

Danau Ranau ini terletak di perbatasan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatra Selatan dan Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung.

Di daerah Sumatera Selatan dan sekitar Lampung, Danau Ranau menjadi destinasi wisata populer masyarakat.

infografis


Bagaimana tidak, Danau Ranau menawarkan pemandangan yang indah. Tidak hanya ada hamparan danau, tetapi juga pemandangan Gunung Seminung yang dipadu dengan hamparan sawah nan hijau, serta birunya air danau.

Cuaca di sana juga sangat sejuk, sehingga menambah segar suasana di Danau Ranau. Di dekat lokasi danau, juga terdapat tempat wisata lain yang bisa Anda coba. Di antaranya saja Pulau Mariza yang berada di tengah danau, pemandian air panas yang mengandung belerang, serta air terjun Subik Tuha.

Bila tertarik mengunjungi Pulau Mariza, Anda bisa menggunakan moda transportasi seperti perahu. Transportasi ini sudah tersedia di sekitar destinasi Danau Ranau.

Menariknya, Danau Ranau ini tercipta dari gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung berapi. Letusan dahsyat dari gunung tersebut, menciptakan cekungan yang besar.


Lokasi dan rute

Danau Ranau bisa dicapai dari Kabupaten OKU Selatan, Lampung, maupun Palembang. Bila Anda berangkat dari ibukota Kabupaten OKU Selatan, Anda bisa menempuhnya lewat jalan darat selama 1,5 jam.

Kemudian, bila Anda dari Kota Palembang, Anda bisa memakan wakti sekitar 8 jam. Tetapi, bila Anda berangkat dari Liwa, ibukota Kabupaten Lampung Barat, perjalanan bisa ditempuh sekitar 1 jam. Sementara itu, bila dari Bandar Lampung, perjalanan bisa memakan waktu sekitar 6 jam.

Walaupun cukup jauh, tetapi Anda tak perlu khawatir. Sebab, akses jalan menuju lokasi tersebut sudah cukup bagus. Anda yang ingin bermalam di sana juga bisa memilih penginapan dengan variasi kamar dan harga.

Harga tiket masuk

Setelah mengenal Danau Ranau, Anda perlu tahu, harga tiket masuknya. Rupanya, harga tiket masuk ke kawasan Danau Ranau cukup terjangkau, lho!

Untuk sekadar menikmati keindahan danau, biaya tiket masuk sekitar Rp10.000.

Tetapi, bila Anda ingin menjelajahi danau, Anda bisa menyewa sebuah perahu motor yang harganya ada di kisaran Rp100.000 hingga Rp300.000.


Sumber : OKEZONE 

0 comments: