Kendati Tegang, Taiwan Ikut Belasungkawa Atas Gempa di China, Siap Kirim Tim Penyelamat

Senin, September 12, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Gempa landa Sichuan China (Foto: Antara/Xinhua)

TAIPEI - Pemerintah Taiwan menyampaikan ucapan belasungkawa kepada China pada Selasa (6/9/2022) atas gempa bumi di Provinsi Sichuan dan menyatakan siap mengirim regu penyelamat, sebagai tanda niat baik terhadap Beijing, meskipun ada ketegangan militer selama berminggu-minggu.

Dikutip Antara, kantor pemimpin Taiwan mengatakan, Presiden Tsai Ing-wen telah menawarkan "simpati dan perhatian" setelah gempa Senin di barat daya China yang menewaskan sedikitnya 46 orang.

Selain menyampaikan belasungkawa kepada mereka yang telah meninggal dan keluarga mereka, Tsai berharap upaya pencarian dan penyelamatan serta pemulihan pascabencana dapat berjalan lancar dan kehidupan normal kembali sesegera mungkin.

Pihak Taiwan menyatakan bahwa mereka belum mengenai apakah terdapat korban warga mereka.

Sementara itu Tim Pemadam Kebakaran Taiwan mengatakan secara terpisah bahwa mereka telah mengumpulkan tim penyelamat yang terdiri dari 40 orang, satu anjing pencari dan lima ton peralatan yang dapat segera berangkat jika diberi instruksi untuk melakukannya.

Mereka mengatakan pihaknya "berkomitmen pada semangat kepedulian kemanusiaan dan bantuan bencana tanpa batas. ".

Otoritas China belum mengatakan apakah akan mengizinkan tim luar negeri untuk membantu operasi pencarian dan penyelamatan.

Taiwan, yang juga sering mengalami gempa bumi, mengirim tim ke China pada 2008 setelah gempa besar melanda provinsi yang sama di Sichuan, menewaskan hampir 70.000 orang dan menyebabkan kerusakan parah.

Seperti diketahui, China, yang mengklaim Taiwan yang diperintah secara demokratis sebagai wilayahnya meskipun ada keberatan keras dari pemerintah di Taipei, telah melakukan latihan militer di sekitar pulau itu setelah kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi pada bulan lalu.



Sumber : okezone.com

0 comments: