Kisah Bocah 12 Tahun Sisihkan Uang Saku Demi Bantu Sahabatnya Kembali ke Sekolah, Sukses Bikin Haru Warganet

Kamis, September 01, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


 Menanamkan rasa empati dan kebiasaan berbagi sejak dini merupakan hal yang penting. Hal ini akan membuat anak peka terhadap kondisi sekitarnya, dan lebih peduli dengan sesama.

Ini juga yang dikisahkan seorang ayah, tentang anak laki-lakinya yang masih berusia 12 tahun di akun Facebook Nasaie Ismail. Cerita tersebut viral dan mencuri perhatian, karena mengundang rasa haru warganet yang membacanya.

Sang ayah yang berasal dari Selangor, Malaysia mengungkap bagaimana anaknya memutuskan untuk menabung dri uang sakunya agar bisa membantu membayar biaya sekolah temannya.

Nasaie mengatakan sang putra - Yusuf, telah meminta RM20 (Rp20 ribuan) untuk ia kumpulkan menjadi RM100 (Rp300 ribuan), untuk membayarkan biaya sekolah temannya.

"Bulan lalu, dia mengatakan kepada saya bahwa dia sedih karena temannya harus berhenti pergi ke kelas Alquran dan Fardhu'Ain (KAFA) sore karena dia tidak mampu lagi membayar biaya," tulis Nasaie di Facebook, Senin lalu (22/8/2022).

"Jadi, Yusuf menabung untuk membayar iuran," kata ayah itu dilansir media Malaysia, Says.

Meski Yusuf sempat meminta sisa RM20, Nasaie senang anaknya berinisiatif menabung untuk temannya yang lebih membutuhkan daripada dirinya.

"Alhamdulillah, Yusuf membayar biaya temannya sore ini," kata Nasaie.

Siswa sekolah dasar itu telah menghemat RM80 (Rp265 ribu) dari uang saku yang dia terima dari kakek-nenek dan kerabatnya selama sebulan.

Ayah tiga anak ini menambahkan, melihat perbuatan baik anaknya mengingatkannya untuk tidak mengukur semua kemampuan anak secara sama, terutama dalam hal akademik.

"Tidak semua anak memiliki kemampuan yang sama. Tapi semua anak memiliki keunikannya masing-masing yang patut disyukuri,” renungnya.

Nasaie juga mengatakan kepada Says bahwa dia dan istrinya telah mengajari anak-anak mereka untuk mengingat bagaimana kakek-nenek mereka dulu berjuang membangun keluarga.

Ia juga meminta buah hatinya itu untuk selalu membantu orang lain, terutama karena mereka sekarang berasal dari keluarga yang lebih mampu.

Kisah sang ayah telah mengumpulkan lebih dari 1.000 reaksi, dengan banyak warganet memuji putranya atas kebaikannya dan ini tentu saja karena orang tuanya yang menanamkan kebajikan yang baik di usia muda.

"Masya Allah, sungguh anakmu yang baik. Sungguh mulia hati," komentar seorang pengguna Facebook

"Alhamdulillah, ayahnya telah mengajarinya dengan baik. Sangat muda dan sudah sangat peduli," kata yang lain.

Warganet lain mengatakan, "Selamat, bahkan untuk orang tua Yusuf. Saya berdoa semoga Allah menjaga dan memberkati keluarga Anda, Pak."

Uploading: 277160 of 277160 bytes uploaded.


Sumber : SUARA

0 comments: