Koban, Siskamling ala Jepang

Jumat, September 16, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Apabila membahas negara teraman, tentu Jepang akan muncul dalam benak kita ketika memikirkan hal tersebut. Menurut Global Peace Index, Jepang merupakan salah satu negara dengan tingkat kriminalitas terendah di dunia. Tingkat kriminalitas yang rendah serta tingginya tingkat keamanan di Jepang tidak lepas dari peranan satuan keamanan Negeri Sakura tersebut. Kepolisian di Jepang memiliki sistem keamanan yang dapat mencakup wilayah terpencil di perkotaan, sistem itu disebut Koban (交番).
Koban sendiri merupakan istilah untuk satuan unit terkecil di kepolisian prefektur yang berupa pos polisi dengan jumlah personil sekitar 10 polisi. Pos-pos tersebut didesain dengan bentuk yang menarik dan tidak memberi kesan menyeramkan agar masyarakat tidak merasa takut ketika akan melapor, bahkan beberapa pos memiliki bentuk yang unik hingga dijadikan tempat berfoto wisatawan. Koban selalu melayani masyarakat selama 24 jam, polisi disana akan melayani masyarakat dengan baik dan tanggap. Polisi yang berada di koban memiliki beberapa peran:
1. Menyediakan Peta
Koban melayani masyrakat maupun pengunjung yang membutuhkan petunjuk arah. Setiap pos penjagaan menyediakan peta yang dapat digunakan, selain itu, polisi di pos dapat membimbing secara pribadi apabila pengunjung masih tidak terbiasa dengan tata letak jalan lokal. Selain itu, petugas dapat merujuk orang untuk sebuah guide, restoran, dan usaha lainnya yang menarik.
2. Laporan Kejahatan
Sama halnya dengan kantor polisi pada umumnya, koban dapat melayani laporan kejahatan seperti kekerasan, pencurian, perampokan, dan kejahatannya lainnya. Polisi yang berjaga akan membantu menyelesaikan masalah dengan sigap.
3. Laporan Keadaan Darurat
Apabila terjadi kecelakaan, kebakaran, maupun kejadian genting lainnya, masyarakat maupun pengunjung dapat melaporkan hal tersebut ke koban terdekat.
4. Laporan Kehilangan
Ketika kehilangan berharga disekitar koban, masyarakat maupun pengunjung dapat melaporkan hal tersebut kepada polisi yang berjaga di pos. Petugas yang berjaga akan melayani dan membantu dengan sigap dan tanggap.
Di Jepang sendiri terdapat sekitar 14.700 pos koban yang tersebar diberbagai kota dengan Tokyo sebagai kota dengan 1.084 pos. Melihat keberhasilan Koban di Jepang, banyak negara yang menerapkan sistem serupa, salah satunya Indonesia. Bekerja sama dengan JICA (Japan International Cooperation Agency) Indonesia menerapkan sistem Pemolisian Masyarakat atau Polmas di Bekasi pada tahun 2005. Hingga saat ini pengembangan Polmas masih berjalan dengan mulai banyaknya polmas di berbagai daerah di Indonesia.

Sumber : kumparan.com

0 comments: