Mau Mulai Bisnis Online? Ini 5 Langkah yang Harus Dilakukan Pertama Kali

Kamis, September 15, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Mau Mulai Bisnis Online? Ini 5 Langkah yang Harus Dilakukan Pertama Kali
Ilustrasi bisnis online (freepik)

Suara.com - Perkembangan internet membuat bisnis online semakin mudah dilakukan. Terlebih dengan banyaknya marketplace online yang memudahkan banyak orang untuk memulai usaha tanpa memikirkan biaya sewa tempat yang biasanya terbilang tinggi.

Tapi, jangan salah, membangun bisnis online ternyata tak semudah membalikkan telapak tangan. Jika Anda berminat memulai bisnis online, inilah lima langkah awal yang harus dilakukan, mengutip dari Youtap.

1. Tetapkan produk atau jasa yang akan dijual

Tetapkan produk atau jasa yang ingin Anda jual. Semakin spesifik tentu semakin baik, karena dengan begitu Anda akan fokus dan memahami produk secara keseluruhan. Dan dengan begitu, Anda pun bisa tahu berapa harga beli dan jual yang pantas di pasaran.

Selain itu, pastikan produk atau jasa yang Anda jual memang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Anda bisa mengetahui seberapa banyak orang yang mencari produk atau jasa tersebut dengan menggunakan Google Keyword Planner. Melalui tools tersebut, Anda bisa melihat volume pencarian dari produk yang akan dijual.

‍2. Lakukan riset pasar dan kompetitor

Dengan melakukan riset, Anda akan mengetahui kelebihan dan kekurangan apa yang dimiliki oleh kompetitor. Dari poin ini, Anda bisa memanfaatkan kesempatan untuk memaksimalkan penjualan produk dari bisnis milik Anda. Saat melakukan riset kompetitor, perhatikan juga penilaian serta ulasan dari masyarakat terhadap penawaran produk atau jasa dari toko kompetitor.

3. Buatlah brand yang terpercaya

Meski berbisnis online, membuat brand tetap penting. Buatlah brand Anda terpercaya dengan memberikan nama hingga logo. Pembuatan nama dan logo ini, dapat meningkatkan kepercayaan orang-orang serta membangung citra bisnis.

Selain logo, jangan lupa buat juga struk penjualan atau nota penjualan yang lengkap sehingga customer akan bisa melihat setiap transaksi yang dilakukannya secara detail.

‍4. Lakukan promosi mulai dari yang gratis hingga berbayar

Promosi melalui media sosial, baik yang gratis maupun berbayar, bisa sangat efektif untuk memperkenalkan bisnis Anda. Jika ingin meningkatkan volume penjualan, tak ada salahnya untuk mencoba iklan berbayar melalui beberapa platform, karena jelas lebih efektif untuk mencapai target.

5. Kelola pelanggan setia

Jika sudah mendapatkan pelanggan tetap, Anda wajib untuk menjaga hubungan baik dengan mereka. Alasannya, karena promosi untuk mendapatkan pelanggan baru jauh lebih mahal dibandingkan menjaga atau mengelola hubungan dengan pelanggan setia.

Cara yang bisa dilakukan misalnya dengan memberikan reward, seperti potongan harga atau bonus produk sebagai rasa terima kasih. Dan sistem ini pun terbilang cukup efektif untuk menghargai pelanggan.

Sumber : suara

0 comments: