Mengenal Asia Selatan dan Negara-negaranya, Tempat Lahir Agama Hindu-Budha

Sabtu, September 10, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Kawasan Asia Selatan merupakan tempat lahir agama Hindu dan Budha (Foto: (iStock))

Jakarta - Benua Asia adalah benua terbesar di dunia. Benua Asia terbagi menjadi enam kawasan, yakni Asia Barat atau yang lebih dikenal dengan Asia Timur Tengah, Asia Utara, Asia Tenggara, Asia Tengah, Asia Timur, dan Asia Selatan.

Batas-batas benua Asia adalah perbatasan kawasan Asia Utara dengan daratan Eropa, perbatasan kawasan Asia Timur dengan Samudra Pasifik, perbatasan kawasan Asia Selatan dengan Samudra Hindia dan Australia, serta perbatasan kawasan Asia Barat dengan Laut Merah, Afrika, dan Samudra Hindia, sebagaimana disebutkan dalam buku Geografi dan Sosiologi oleh Drs. Sugiharyanto.

Asia Selatan sendiri memiliki wilayah yang meliputi 10% dari luas benua Asia, yakni sekitar 4.480.000 km2 dengan populasi sebanyak 40% dari populasi Asia. Sebagian besar daerah di kawasan Asia Selatan terpengaruh oleh budaya India.

Kawasan dan Penduduk Asia Selatan
Asia Selatan merupakan kawasan yang padat penduduk, yaitu berjumlah sekitar 1,6 miliar jiwa. Artinya, sekitar seperempat dari penduduk bumi berada di Asia Selatan. Kepadatan tersebut sebesar 305 jiwa per km2 sama dengan rata-rata dunia.

Melansir buku New Edition Mega Bank Soal SD/MI Kelas 4, 5, & 6 karya Uly Amalia dkk, berikut beberapa negara yang termasuk dalam kawasan Asia Selatan:

Bangladesh (ibu kota: Dhaka)
Bhutan (ibu kota: Thimpu)
India (ibu kota: New Delhi)
Maladewa (ibu kota: Male)
Nepal (ibu kota: Kathmandu)
Pakistan (ibu kota: Islamabad)
Sri Lanka (ibu kota: Sri Jayawardenapura Kotte)
Penduduk di Asia Selatan memiliki ciri khas sehingga membedakan mereka dari penduduk di kawasan Asia lainnya, yakni dominasi bangsa dan kebudayaan Indo-Eropa dan Dravida.

Hubungan penduduk Asia Selatan dengan penduduk Eropa lebih dekat daripada hubungan penduduk Asia Selatan dengan penduduk di kawasan Asia lain, terkecuali Plato Iran dan Kaukasus.

Peradaban di Asia Selatan
Salah satu peradaban yang cukup populer di Asia Selatan adalah peradaban lembah Indus. Lembah Indus merupakan peradaban kuno yang hidup sepanjang lembah Indus, yang dewasa ini menjadi bagian dari Pakistan dan India Barat.

Peradaban-peradaban di Asia Selatan menjelaskan sekaligus menggambarkan kehidupan di Asia Selatan, seperti adanya penerapan sistem kasta-strata sosial, ekonomi, budaya, dan politik.

Peradaban kuno Asia Selatan juga menjadi tempat lahir dan menyebarnya beberapa agama, yakni Hindu, Budha, dan Jainisme.

Asia selatan merupakan kawasan dengan budaya yang beragam. Penduduk Asia Selatan hidup berdampingan dengan budaya dan agama yang berbeda-beda.

Namun kebudayaan yang paling menonjol dari kawasan Asia Selatan adalah kebudayaan yang berada di negara India, seperti tertulis dalam buku Geografi Sejarah Peradaban Kuno karya Yulian Widya Saputra dan Muhammad Azmi.


Sumber : okezone.com

0 comments: