Mengenal Batas-Batas Wilayah Asia Tenggara

Senin, September 12, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi batas-batas wilayah Asia Tenggara (Foto: Research Gate)

 Batas wilayah merupakan pemisah suatu wilayah sesuai dengan hukum yang berlaku. Seperti yang kita ketahui, Asia Tenggara merupakan benua terluas di dunia.

Luas wilayah Asia Tenggara mencapai 4.545.792 km2. Asia tenggara terdiri dari 11 negara, di antaranya adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Myanmar, Kamboja, Laos, Vietnam, Filiphina, Brunei Darussalam, dan Timor Leste.

Mengutip dari laman Wikipedia.org, inilah batas-batas wilayah Asia Tenggara:

  • Sebelah Utara: Negara Republik Rakyat China dan Laut China Selatan.
  • Sebelah Selatan: Benua Australia, dan Samudra Hindia.
  • Sebelah Barat: Negara India, Bangladesh, dan Samudra Hindia.
  • Sebelah Timur: Negara Papua Nugini dan Samudra Pasifik.

Sedangkan, batas perairan di sebelah barat Asia Tenggara adalah Samudera Hindia.

Secara Geografis, Taiwan dan pulau Hainan seharunya termasuk ke dalam wilayah Asia Tenggara. Lantaran adanya alasan politik, Taiwan dan pulau Hainan sering kali dimasukkan ke dalam kawasan Asia Timur. 

Kepulauan Cocos dan Pulau Natal, yang terletak di selatan Jawa, oleh beberapa pihak sering dikatakan sebagai bagian dari wilayah Asia Tenggara. Walaupun secara politik berada di bawah administrasi Australia.

Sama halnya dengan Pulau Papua, di mana wilayah tersebut dimasukkan sebagai Asia Tenggara secara politik. Meskipun secara geologi sudah tidak termasuk ke dalam benua Asia.

Nah, Itulah batas-batas wilayah di Asia Tenggara. Semoga jawaban di atas dapat membantu dan menambah pengetahuan kalian!


Sumber : okezone.com

0 comments: