Mengenal Daftar Negara-negara Asia Tengah dan Ibu Kotanya

Jumat, September 23, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Pemandangan di Ibu Kota Kazakhstan, Astana. (Foto: Reuters)

 Asia Tengah memiliki luas sekitar 9.029.000 km² dengan total populasi mencapai 73 juta jiwa. Terdapat lima negara Asia Tengah yaitu Kazakhstan, Kirgizstan, Tajikistan, Turkmenistan dan Uzbekistan.

Satu hal unik adalah semua negara di Asia Tengah memiliki akhiran -stan yang dalam bahasa Persia berarti tanah atau negeri. Oleh sebab itu, wilayah Asia Tengah kerap dijuluki sebagai the Stans.

Asia Tengah terbentang dari Laut Kaspia di barat dan sisi timurnya berbatasan dengan China barat. Kemudian di selatan, Asia Tengah berbatasan dengan Iran, Afghanistan, dan China. Asia Tengah merupakan daerah pegunungan, dengan padang pasir dan padang rumput yang sangat luas.

Melansir dari worldpopulationreview.com, berikut adalah daftar negara-negara di Asia Tengah beserta ibu kotanya.

1. Kazakhstan

Wilayah Kazakhstan terbentang dari barisan Pegunungan Altai di timur, hingga Laut Kaspia di barat. Hal tersebut menjadikan negara ini sebagai negara terluas ke-9 di dunia dan ke-2 terbesar dalam negara pecahan Uni Soviet setelah Rusia. Kazakhstan sering disebut sebagai "Virgin lands", karena beberapa wilayahnya belum tersentuh sama sekali.

Negara ini memiliki ibukota bernama Astana yang sebelumnya bernama Nur Sultan. Melansir dari The Guardian bahwa Kazakhstan telah mengganti nama ibukotanya sebanyak empat kali. Melalui pemungutan suara, pemerintah setempat memutuskan untuk mengganti nama Nur Sultan menjadi Astana kembali. Keputusan ini telah ditandatangani oleh presiden Kazakhstan, Kassym-Jomart Tokayev, pada 17 September 2022.


2. Kirgizstan

Kirgizstan adalah sebuah republik dari federasi Rusia yang terletak pada daerah daratan dan pegunungan. Kirgizstan berada di bawah dominasi asing dan mencapai kedaulatan sebagai negara bangsa setelah pecahnya Uni Soviet pada tahun 1991.

Kirgizstan berbatasan dengan Kazakhstan di sebelah utara, Uzbekistan di barat, Tajikistan di barat daya dan Tiongkok di timur. Ibu kota dari negara ini adalah Bishkek. Bishkek pernah terkenal sebagai kota terhijau di Uni Soviet.

3. Tajikistan

Tajikistan merupakan negara di Asia Tengah dengan populasi 8.734.951 yang 70 persen di antaranya adalah berusia 70 tahun. Etnis mayoritasnya adalah Tajik, dengan minoritas terbesar dari Uzbek dan Rusia. Ibukota Tajikistan adalah kota Dushanbe.

Negara yang secara astronomisnya terletak diantara 36°-41° LU dan 67°-75°BT ini berbatasan dengan China di sebelah timur, Uzbekistan di sebelah barat, Afganistan di sebelah selatan dan berbatasan dengan Kirgizstan di utara. Sekitar 50% wilayah Tajikistan adalah daratan yang berketinggian di atas 3000 meter di atas permukaan laut.

4. Turkmenistan

Turkmenistan adalah sebuah negara di Asia Tengah. Negara dengan nama resmi Republik Turkmenistan ini beribukota di Ashgabat dan dinyatakan merdeka pada tanggal 27 Oktober 1991. Meskipun negara ini terbilang masih baru berdiri, Turkmenistan sudah memiliki banyak potensi secara ekonomi dan menjadi salah satu negara dengan cadangan gas alam paling banyak di dunia.

5. Uzbekistan

Uzbekistan merupakan sebuah negara berdaulat yang awalnya menjadi salah satu republik Soviet. Namanya terbentuk dari oz yang berarti sejati atau asli dan bek yang memiliki arti pemimpin atau bangsawan.

Uzbekistan memiliki populasi sebanyak 32.979.000 yang hampir mencakup separuh populasi di Asia Tengah. Sedangkan agama di Uzbekistan mayoritas Islam yaitu 89 persen, dan 9 persen penduduk beragama Ortodoks. Sisanya adalah Kristen Korea, Buddha, dan Baha'is. Ibu kotanya adalah Tashkent.


Sumber : okezone.com

0 comments: