Mengenal Hantu Batitong Paling Seram dari Toraja

Senin, September 05, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2022 09 03 549 2660193 mengenal-hantu-batitong-paling-seram-dari-toraja-2YOTdoOC70.jpgIlustrasi hantu (freepik)

MENGENAL hantu Batitong paling seram dari Toraja. Sulawesi Selatan memang memiliki sederet keunikan budaya dan kuliner khasnya yang lezat. Selain itu, daerah berjuluk Tanah Daeng ini juga menyimpan cerita mistis makhluk tak kasat mata, loh!

Ya, di sana terdapat hantu paling menyeramkan yang ceritanya telah melegenda sejak dulu. Ia adalah hantu Batitong, roh jahat yang berasal dari perempuan yang meninggal saat bersalin dan memangsa manusia untuk memperalatnya guna mendapatkan apa yang dia inginkan.

Dikutip dari kanal YouTube Yenni Horor, ciri-ciri Batitong biasanya ditandai adanya benda yang menyilaukan semacam lampu senter pada dahi, kepala atau tangannya.

Penampakannya bergigi kuning, mata yang berair, rambut kusut, bibir yang tidak merah karena pengaruh sirih. Terkadang hantu ini juga bisa berupa hewan seperti anjing dan babi.

Konon, sosok ini keluar pada siang dan malam hari dan sering dijumpai di tempat berair seperti sawah, selokan, sungai dan rawa-rawa. Korban dari hantu ini biasanya ibu-ibu yang sedang hamil dan kerbau. 

Jika ditemukan kerbau yang mati tiba-tiba dan ditandai dengan adanya air liur yang menetes dari hewan itu, berarti hewan tersebut baru saja dimangsa oleh Batitong.

Untuk mengusirnya masyarakat percaya dengan menggunakan kayu palang atau kayu pohon jarak dalam bahasaToraja maka sosok tersebut akan hilang.

Selain itu, cara lain untuk mengusirnya adalah dengan mendirikan sebuah bambu pada pintu masuk kampung, di mana tabung bambu tersebut diisi daun pasake dan daun kabuni yang merupakan tumbuh-tumbuhan yang tumbuh di Toraja.

Jika mereka berhasil membunuh hantu Batitong, mereka akan menggelar upacara persembahan yang sering disebut dengan Ma'manuk Tallu.

Sumber : okezone

0 comments: