Mengenal Kultur Budaya Indonesia yang Beragam

Kamis, September 01, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi/Okezone


Budaya di Indonesia sangatlah beragam, macam-macam budaya dan tradisi yang berbeda. Indonesia dikenal dengan kultur budayanya namun, Indonesia tetap menjaga kebudayaan nya dengan Pancasila yaitu, "berbeda-beda tetapi tetap satu."

Mulai sekarang ini, masih banyak Indonesia yang mengikuti kepercayaan budaya nenek moyangnya.

Bahwa dari zaman nenek moyang memang sudah tercipta kultur budaya yang berbeda-beda dan mempunyai ciri khas nya masing-masing.

Seperti, tari tradisional sampai musik tradisional. Walaupun, sekarang ini beberapa yang melupakan kultur budaya.

Di kota-kota besar sekarang jarang sekali mengenal budaya Indonesia hanya, beberapa yang masih menggunakan kultur budaya.

Berbeda dengan di desa, mayoritas di desa menggunakan kultur budaya dan sangat percaya dengan kultur budaya nenek moyang.


Tari- tari tradisional di desa masih sering di gunakan, dalam berbagai perlombaan. Dan musik tradisional yang digunakan di desa sangat tradisional dengan menggunakan bambu, pelepah pisang, dan batu.

Maka dari itu setiap desa sangat terkenal dengan kultur budaya yang berbeda-beda.

Dalam hal ini kultur budaya Indonesia mengajarkan kita agar kita tidak membedakan budaya setiap orang yang dimilikinya, kita harus menerima dan menyesuaikan diri di dalam lingkungan budaya itu sendiri.

Karena kultur budaya itu sendiri memiliki ciri khas nya masing-masing. Kita tidak bisa mengubah kultur budaya itu sendiri karena, memang sudah dari nenek moyang budaya itu tercipta.

Kita harus terima apapun kultur budaya itu sendiri. Karena kita sendiri pun memiliki culture budaya sendiri, apakah kamu akan terima jika culture budaya mu di nilai tidak baik?

Begitulah cara kita memandang budaya seseorang agar, kita lebih mengerti bagaimana cara menghargai dan menerima budaya orang lain.

Lebih baik lagi jika kita mempelajari ilmu-ilmu kultur budaya orang lain karena, kita bisa mendapatkan ilmu atau pengalaman yang menurut saya, itu adalah hal yang menyenangkan dan membingungkan kenapa, ada budaya sepeti itu.

Mulai dari sekarang kita harus bisa beradaptasi dalam kultur budaya seseorang seperti, kata Alexandre Dumas "Semua untuk satu dan satu untuk semua."


Sumber : okezone.com

0 comments: