Mengenal Usain Bolt, Manusia Tercepat di Bumi saat Ini

Jumat, September 30, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Mengenal Usain Bolt, manusia tercepat di Bumi saat ini. (Foto: Reuters)

MENGENAL Usain Bolt, manusia tercepat di bumi saat ini menarik untuk dibahas. Dia sukses menunjukkan ketangguhannya dalam cabang olahraga atletik.

Usain Bolt telah menjadi salah satu atlet lari terbaik di dunia. Ia bahkan menyandang predikat sebagai manusia tercepat di muka bumi. Pasalnya, Usain Bolt tercatat memecahkan rekor berlari dengan kecepatan 43,99 km per jam.

Mengenal Usain Bolt, Manusia Tercepat di Bumi saat Ini

Bagi yang penasaran, mari mengenal Usain Bolt, manusia tercepat di bumi saat ini.

Mengenal Usain Bolt, Manusia Tercepat di Bumi saat Ini

Usain Bolt merupakan seorang pelari asal Jamaika. Ia lahir di Sherwood Content, Jamaika, pada 21 Agustus 1986 dan memiliki nama asli Usain St Leo Bolt. Orangtuanya memiliki toko kelontong lokal.

Masa kecil Usain Bolt dihabiskan dengan bermain kriket dan sepakbola jalanan. Bolt mengenyam pendidikan di William Knibb Memorial High School dan fokus pada olahraga kriket.

Pada saat itulah, pelatihnya mendorongnya untuk mencoba berlari di lintasan dan lapangan. Sebab, dia melihat bakat berlari yang dimiliki Usain. Setelah itu, Bolt dilatih oleh Dwayne Jarret dan Pablo McNeil yang dulunya adalah seorang sprinter Olimpiade.

Menginjak usia 12 tahun, Usain Bolt mulai menjajal kompetisi olahraga sekolah dan selalu menjadi juara. Lalu pada usia 15 tahun, ia terjun ke kompetisi Kejuaraan Dunia Junior 2022.

Dari kompetisi tersebut, Usain Bolt memenangkan emas di kategori 200 m. Dia pun mendulang hasil manis hingga menjadi pemenang termuda di kategori pria junior.

Diketahui, Usain Bolt sempat mengalami cedera urat lutut. Dokter mengatakan cedera tersebut bisa segera sembuh dengan istirahat selama beberapa minggu.


Karier Usain Bolt dalam cabang olahraga lari rupanya semakin membaik. Pada Olimpiade Beijing 2008, ia berhasil mencetak sejarah dengan catatan lari 100 m. Dalam ajang itu, dia mencatatkan waktu 9,69 detik.

Lalu pada lintasan 200 m, Usain Bolt berhasil mencatatkan waktu 19,30 detik. Dari rekor tersebut, tak mengherankan atlet lari dengan penghasilan bersih sebanyak USD90 juta ini dijuluki sebagai pelari tercepat.

Mengenal Usain Bolt, Manusia Tercepat di Bumi saat Ini

Usain Bolt kini telah pensiun dari dunia lari sejak 2017. Dia mengambil langkah itu usai mengalami beberapa cedera.

Demikian informasi mengenai mengenal Usain Bolt, manusia tercepat di bumi saat Ini. Semoga bermanfaat.


Sumber : okezone.com

0 comments: