Pelatih Hong Kong Puji Timnas U-19: Kuat, Kami Banyak Belajar

Sabtu, September 17, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Pemain Timnas U-19 Indonesia Marselino Ferdinan (kanan) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas U-19 Hong Kong pada babak kualifikasi Piala Asia U-20 2023 Grup F di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (16/9/2022). Foto: Moch Asim/ANTARA FOTO
Pelatih Timnas Hong Kong U-19, Cheung Kin Fung, melontarkan pujian kepada Timnas U-19 Indonesia. Ia menyebut skuad 'Garuda Muda' sangatlah kuat dari segi tim maupun individual.
Timnas U-19 Hong Kong menelan kekalahan saat bersua Indonesia di Grup F Pra Piala Asia U-20 2023. Berlaga di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (16/9) malam WIB, Hong Kong dilibas dengan skor 1-5.
Gol-gol kemenangan Timnas U-19 dicetak oleh Rabbani Tasnim (10'), Alfriyanto Nico (22'), Zanadin Fariz (43') dan brace Marselino Ferdinan (85' dan 90'). Sedangkan, Hong Kong hanya mampu membalas satu gol lewat penalti.
Selepas pertandingan, Cheung Kin Fung membeberkan sejumlah alasan timnya kalah dari pasukan Shin Tae-yong. Menurutnya, Hong Kong U-19 begitu kewalahan dengan permainan yang ditunjukkan Indonesia.
"Pemain Indonesia sangat kuat dari segi tiim maupun individual, dan Hong Kong juga belajar banyak dari permainan ini," tutur Kin Fung.
"Kami [Hong Kong] juga mengalami beberapa masalah dalam mempertahankan garis belakang, tapi kami tidak menyerah di babak pertama, saya bangga atas semangat kedua tim, karena tetap berjuang hingga pertandingan berakhir," lanjutnya.

Menurut Cheung Kin Fung, Hong Kong U-19 sebenarnya sempat termotivasi usai mencetak gol balasan via titik putih. Namun, semangat timnya kembali mengendur tatkala Indonesia berhasil memperlebar jarak.
"Di jeda babak pertama, kami memberikan trik dan saran untuk menghentikan serangan dari tim Indonesia. Setelah gol, percaya diri meningkat, namun permainan melemah saat Indonesia kembali mencetak gol," ungkap pelatih 38 tahun tersebut.
Cheung Kin Fung mengaku belajar banyak dari Indonesia atas kekalahan tersebut. Ia akan membenahi sejumlah kekurangan tim arahannya agar bisa tampil lebih baik.
"Pertandingan ini sangat bagus, dan menjadi pengalaman yang baik untuk tim, dan Hong Kong juga berterima kasih kepada Indonesia dan para suporter yang telah datang untuk meramaikan pertandingan hari ini," pungkasnya.
Kekalahan tersebut memudarkan harapan Hong Kong untuk tampil di Piala Asia 2023. Sebab, armada Kin Fung tak mungkin bisa mengejar raihan poin Indonesia dan Vietnam yang telah meraih enam angka.
Di sisi lain, Indonesia kini berada di puncak klasemen Grup F dengan enam poin. Poin disiplin atau kartu kuning membawa Timnas U-19 berada di atas Vietnam. Sampai sejauh ini, pasukan Shin Tae-yong baru mendapatkan dua kartu kuning. Sementara, Vietnam sudah diganjar tiga kartu kuning.

Sumber : kumparan.com

0 comments: