Perbedaan Diving dan Snorkeling

Jumat, September 23, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Perbedaan diving dan snorkeling (Foto: Mister Aladin/Istimewa)

PERBEDAAN diving dan snorkeling, akan dibahas Okezone. Diving dan snorkeling sering dianggap sama oleh masyarakat Indonesia. Padahal, ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan dari kedua kegiatan tersebut.

Persamaan diving dan snorkeling hanya sama-sama dilakukan di laut. Dua kegiatan ini sama-sama menyelam untuk melihat keindahan dalam laut. Jika berminat untuk melihat keindahan dalam laut, Anda bisa mencoba dua olahraga tersebut.

Perbedaan diving dan snorkeling

(Ilustrasi diving, foto: Istimewa)

Perbedaan Diving dan Snorkeling

4. Perbedaan Kedalaman Menyelam

Satu hal yang paling terasa perbedaannya adalah kedalaman menyelam. Snorkeling hanya kegiatan menyelam di permukaan air mulai dari 1-3 meter. Untuk diving, kegiatan ini bisa dilakukan di kedalaman laut mulai dari 200 hingga 300 meter, bahkan lebih tergantung tujuan dari penyelaman itu sendiri.

3. Ragam Peralatan

Dari sisi peralatan, tentunya diving lebih memerlukan peralatan yang berbagai macam, yaitu tabung oksigen, regulator, oktopus, alat pengukur kedalaman, alat pengukur tekanan, weight belt, wetsuit, masker, dan fin atau kaki katak. Sementara itu, snorkeling hanya membutuhkan diving mask, kaki katak, dan snorkel atau alat bantu pernapasan.

2. Teknik Dasar yang Berbeda

Kedua olahraga ini memiliki teknik yang berbeda. Teknik snorkeling hanya perlu menguasai teknik berenang karena Anda hanya melihat keindahan laut dari permukaan. Sementara itu, diving kamu harus berlatih pernapasan, mengatur hirup oksigen untuk menghemat tabung oksigen, dan tentu saja menguasai teknik menyelam yang baik.


(Ilustrasi snorkeling, foto: Istimewa)

1. Tujuan yang Berbeda

Bagi seseorang yang ingin snorkeling dan diving, tentu punya tujuan berbeda. Snorkeling biasanya bertujuan untuk melihat keindahan bawah laut dan menjelajahi kehidupan laut yang tidak terlalu dalam. Tujuan diving biasanya untuk memeriksa biota yang berada dalam dasar laut, melakukan penelitian dari hewan atau tumbuhan dasar laut, dan memeriksa gangguan yang terjadi di dasar laut.



Sumber : okezone.com

0 comments: