Rahasia Unik Tubuh Unta, Kakinya Bisa Jadi Dayung untuk Berenang

Sabtu, September 03, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Rahasia unik tubuh unta, kakinya bisa jadi dayung untuk berenang (Foto: SPA/Arab News)

Unta merupakan mamalia yang identik dengan daerah Timur Tengah, ia punya ketahanan yang luar biasa karena dapat hidup di lingkungan yang paling kering sekalipun.

Lantas apa yang membuat unta memiliki kemampuan tersebut? Berikut ini adalah rahasia unik tubuh unta, seperti dilansir dari kanal YouTube iNews Variety Show, Jumat (2/9/2022).

Diketahui, unta memiliki punuk yang berfungsi untuk menyimpan lemak yang nantinya lemak ini dapat digunakan untuk bermetabolisme ketika unta mengalami kesulitan untuk menemukan makanan dan air.

Selain punuk, unta memiliki bagian-bagian tubuh yang ajaib lainnya yang membuatnya mampu beradaptasi di lingkungan yang gersang, misalnya saja adalah bagian tubuhnya yang memiliki ukuran luar biasa besar.

Umumnya unta dapat tumbuh hingga tingginya mencapai 1,8 meter dan panjang tubuhnya hingga 3 meter dengan berat antara 600-1000 kg. Dengan ukurannya yang jumbo wajar jika unta mampu bertahan di kerasnya cuaca gurun pasir.

Unta juga rupanya memiliki gigi dan rahang yang sangat kuat. Tdak tanggung-tanggung salah satu bentuk adaptasi hebat yang dimiliki unta adalah kemampuannya untuk memakan kaktus yang dipenuhi oleh duri tajam.

Ternyata unta memiliki struktur keras pada mulutnya yang bernama papila yang membuat mulutnya tidak tertusuk duri saat memakan kasus. Dengan fakta-fakta mengagumkan tersebut unta mampu memakan apa saja yang tidak bisa dimakan hewan lain.

Rahasia tubuh unta yang unik membuat mereka menjadi hewan mamalia dengan kemampuan bertahan hidup yang luar biasa. Dan yang tak kalah menarik adalah unta rupanya memiliki kemampuan berenang yang andal.

Meskipun habitat aslinya adalah di gurun yang sulit air, ternyata seekor unta juga memiliki kemampuan berenang yang hebat. Kemampuan ini tidak bisa dipisahkan dari kakinya yang panjang serta kuat.

Dengan otot yang kuat membuat unta bukan hanya dappat membawa beban berat dalam jarak yang jauh tapi juga mampu berenang. Unta sendiri dibekali telapak kaki dengan ukuran lebar sehingga memudahkan mereka mendayung.

Ukuran kaki yang lebar ini juga dalam kesehariannya berguna agar kaki untak tidak mudah ambles di pasir. Dan dengan ukuran seperti itu memungkinkan unta mampu berlari hingga 40 mil perjam, mengalahkan kuda.


Sumber : okezone.com

0 comments: