Ratusan Perahu Nelayan di Tuban Meriahkan Larung Saji Petik Laut

Kamis, September 15, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Nelayan di pesisir pantai Tuban, saat mengikuti Petik Laut di kawasan Wisata Pantai Boom, Tuban. Rabu (14/09/2022) (foto: ayu/beritabojonegoro)
Tuban - Ratusan perahu nelayan di pesisir pantai Tuban, Jawa Timur, ikuti Larung Saji atau Petik Laut, di kawasan Wisata Pantai Boom, Kota Tuban. Rabu (14/09/2022).
Petik Laut atau sedekah laut tersebut sudah menjadi tradisi turun temurun masyarakat setempat sejak dahulu kala, sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena telah memberi kenikmatan hasil laut yang melimpah.
Petik Laut tersebut diawali dengan Kirab Budaya Pesisir dan dilanjutkan dengan pelarungan saji aneka macam makanan seperti ayam panggang, buah-buahan, aneka jajan pasar yang diletakkan di perahu kecil, yang kemudian dilarungkan ke tengah laut.
Dalam larung saji kali ini masyarakat menyembelih beberapa ekor sapi, lalu kepala sapi diletakkan di atas tiang di tengah laut.
Nelayan di pesisir pantai Tuban, saat mengikuti Petik Laut di kawasan Wisata Pantai Boom, Tuban. Rabu (14/09/2022) (foto: ayu/beritabojonegoro)
Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky mengungkapkan, bahwa kegiatan kirab budaya dan larung saji ini telah menjadi agenda tahunan dari warga Kelurahan Sidomulyo, Karangsari, dan Kelurahan Kingking, Kecamatan Kota Tuban, namun baru kali ini dilaksanakan dengan skala kabupaten dan diadakan secara bersamaan.
“Biasanya skalanya tingkat kelurahan dan sendiri-sendiri, jadi bersyukur bisa menyelenggarakan secara bersamaan. Sehingga ajang ini juga menjadi pemersatu antara nelayan dari tiga kelurahan,” tutur Bupati Lindra.
Bupati menyampaikan bahwa pihaknya akan mengagendakan wisata petik laut menjadi event tahunan, sehingga dapat menjadi salah satu sarana memunculkan agenda wisata baru yang memiliki multiplier effect, baik dari segi budaya, kearifan lokal, hingga perekonomian.
“Event ini menjadi sarana pengajaran budaya dan memunculkan pariwisata baru. Ketika ini menjadi event tahunan, kita akan support penuh," tutur Bupati Tuban.
Selain itu, Pemkab Tuban akan terus mendukung kegiatan budaya pesisir sebagai salah satu upaya penggalian potensi dan pelestarian kearifan lokal pesisir Tuban.
"Kami berharap event serupa dapat terselenggara di tempat lain, sehingga memunculkan potensi wisata baru termasuk perputaran ekonomi di wilayah tersebut. Masyarakat senang, ekonomi di Tuban juga mulai tumbuh. Semoga di tempat lain juga menyusul,” tutur Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky.
Sementara itu, Ketua Forum Generasi Pesisir Berkarya Tuban Ali Rohmad menjelaskan, ada lebih dari 500 perahu nelayan dari tiga kelurahan yang ikut terlibat dalam kegiatan tersebut.
Dirinya berharap acara tahunan ini bisa dilaksanakan dengan skala lebih besar, dengan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Tuban.
“Semoga tahun berikutnya lebih ramai lagi, dan untuk Pemerintah Kabupaten Tuban terus mendukung kita,” kata Ali Rohmad.

Sumber : kumparan.com

0 comments: