Sudah 10 tahun Lamanya, Medali Perunggu Olimpiade London 2012 Atlet Iran ini Diganti Jadi Emas

Rabu, September 07, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Atlet gulat asal Iran, Komeil Ghasemi. (Foto: Instagram/komeil_ghasemi_official)

TEHERAN – Kejadian menarik dialami oleh pegulat Iran yang meraih medali perunggu Olimpiade London 2012, Komeil Ghasemi. Karena setelah 10 tahun lamanya, medali perunggu yang diraihnya itu dibatalkan dan diganti dengan medali emas.

Ghasemi dinyatakan berhak meraih medali emas pada Kamis 1 September 2022 lalu. Dalam laporan media Iran, IRNA, hal tersebut dikarenakan juara satu dan dua gagal dalam tes doping. Hasilnya, pegulat yang kini berusia 34 tahun itu berhak menyabet medali emas di nomor gaya bebas 120kg putra.

"Komeil Ghasemi secara resmi menerima medali emasnya untuk nomor gaya bebas 120 kg putra di Olimpiade Musim Panas 2012 di London dan menjadi pegulat kelas berat yang paling banyak mendapat penghargaan dalam sejarah Iran," tulis IRNA, Senin (5/9/2022).

Komeil Ghasemi (Foto: instagram/khomeil_ghasemi_official)

"Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengirim surat kepada Komite Olimpiade Nasional Iran (NOC) tahun lalu, mengumumkan selesainya penyelidikan doping atlet Uzbekistan Artur Taymazov dan atlet Georgia Davit Modzmanashvili," lanjutnya.

IOC pada Juli 2019 memutuskan bahwa Ghasemi yang berhak memenangi emas. Reza Salehi Amiri selaku presiden NOC Iran sudah menerima medali emas tersebut dalam perjalanan ke Lausanne, Swiss, beberapa bulan lalu.

Sementara pada Olimpiade tersebut, atlet gulat yang kalah di semifinal tidak bertanding memperebutkan juara tiga, sehingga ada dua medali perunggu. Peraih medali perunggu satunya saat itu adalah pegulat Rusia yakni Bilyal Makhov, dan ia kini juga diberi medali emas.

Kemudian ada juga perubahan untuk pegulat yang meraih medali perunggu. Tervel Dlagnev dari Amerika Serikat dan Daulet Shabanbay dari Kazakhstan yang dikalahkan Ghasemi dan Makhov di babak delapan besar dianugerahi medali perunggu.

Komeil Ghasemi (Foto: instagram/khomeil_ghasemi_official)

Mendengar kabar tersebut, Ghasemi senang bukan main. Sebab, medali emas Olimpiade adalah impian dari setiap atlet dunia.

"Ini perasaan yang bagus dan indah. Medali emas Olimpiade adalah apa yang diinginkan setiap atlet,” kata Ghasemi dalam wawancara saat upacara resmi di Teheran.



Sumber : okezone.com

0 comments: