Tak Tega Anak 4 Tahun Ditinggal Ibu Jadi TKW, Dedi Mulyadi Beri Bantuan

Rabu, September 21, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Jakarta - Anggota DPR RI Dedi Mulyadi menghentikan mobilnya di pinggir Jalan Raya Sadang-Subang, Kabupaten Purwakarta. Ia melihat anak berusia 4 tahun termenung menemani ayahnya berjualan topi.

Diketahui balita tersebut rindu dan berharap bisa bertemu ibunya Dede Rubeah yang sedang berada di tempat pelatihan untuk berangkat ke Singapura sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW).

"Saya asli Cikampek, dulu jualan boneka sekarang topi. Ibunya sekarang lagi proses untuk kerja di Singapura," ujar Saepul Rochman, ayah dari anak bernama Sulan tersebut, dikutip dalam keterangan tertulis

Rochman juga merasa tidak tega dengan anak laki-lakinya, namun karena kebutuhan ekonomi dan sudah diberikan pinjaman modal usaha dari perusahaan tempat istrinya bekerja, ia membiarkan istrinya bekerja ke negara tetangga.

"Dipinjamin uang Rp 5 juta dari PT, uangnya sekarang sudah habis. Habis buat modal usaha, ngurus dokumen istri, sama bekal istri sebelum berangkat," imbuhnya.

Nantinya, uang tersebut akan diganti Rochman dengan dicicil dengan cara bagi hasil selama tujuh bulan dari gaji istrinya setelah mendapat kerja di Singapura.

Sebagai kepala rumah tangga Rochman mengaku sudah berusaha untuk mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga. Sayangnya selama pandemi sejumlah usaha yang ditekuninya, yaitu berjualan boneka dan bensin eceran telah gulung tikar.

Mendengar cerita tersebut membuat Dedi Mulyadi merasa prihatin. Lantas, ia menawarkan kerja sama usaha sebagai solusi agar keluarga Rochman bisa berkumpul kembali dan Sultan bisa tumbuh bahagia tanpa harus ditinggal sang ibu.

"Sok (silahkan) mulai lagi kirim boneka ke Jawa nanti kerja sama dengan saya biar anak Bapak nggak ditinggalin mamahnya, asal Bapak serius usahanya. Bikin perjanjian sok 70-30, 30 persen buat saya," ucap Dedi.

Dedi juga akan menyiapkan orang yang nantinya akan membantu Rochman dalam mengatur keuangan dengan baik. Sehingga, tugas Rochman hanyalah melanjutkan usaha yang kemarin sudah dibangunnya.

Selain memberikan bantuan usaha, Dedi juga memberikan uang Rp 5 Juta untuk mengganti uang dari perusahaan istrinya yang sudah dipakai Rochman. Dedi harap uang tersebut bisa mengganti istri Rochman untuk tidak pergi ke Singapura.

Mendengar hal tersebut, Rochman merasa senang. Hanya saja, ia mengatakan harus meminta persetujuan dari istrinya yang kini tinggal di tempat penampungan di daerah Bekasi.

Melalui sambungan telepon, niat baik Dedi diterima baik oleh istri Rochman. Ia mengatakan bersedia untuk pulang agar berkumpul kembali bersama keluarganya.

"Besok saya akan jemput Ibu ke tempat pelatihan untuk membatalkan keberangkatannya," pungkas Dedi.

Sumber : detik.com

0 comments: