Tips Beli iPhone Bekas, di Antaranya Cek Apple ID

Senin, September 12, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Tips beli iPhone bekas, di antaranya cek Apple ID (Foto: CNET/Patrick Holland)


Ada tips membeli iPhone bekas, smartphone keluaran Apple ini diketahui masih menjadi incaran bagi para pecinta gadget, termasuk di Indonesia.

Dirangkum dari berbagai sumber, memang perangkat iPhone menjadi salah satu ponsel yang memiliki harga cukup malah jika dibeli baru, namun kalau ingin membeli yang bekas wajib mengataui tips-tipsnya supaya tidak ditipu.

Berikut 10 tips membeli iPhone bekas supaya tidak ditipu oleh pedagang nakal.

1. Pastikan Bukan iPhone Curian

Saat membeli iPhone bekas, Anda tidak ingin membeli ponsel curian. Apple mencegah iPhone curian agar tidak diaktifkan oleh pengguna baru dengan fitur ‘Activation Lock’. Oleh sebab itu pastikan iPhone yang akan Anda beli bukan dari hasil curian.

Cara memastikannya yakni dengan mencari nomor IMEI dengan membuka Setting - General - About. Ketika sudah mendapatkan nomor IMEI atau MEID, Anda bisa mengeceknya di situs Stolen Phone Checker.

Oleh sebab itu, disarankan untuk membeli iPhone bekas di e-commerce atau toko-toko terpercaya yang memiliki rekam jejak atau testimoni positif.

2. Periksa Baterai

Sebelum membeli iPhone bekas, sebaiknya periksa performa baterainya. Memang tidak harus selalu 100 persen atau kondisi sempurna, tapi setidaknya kondisi baterai masih sehat, atau di sekitar 95 persen. Cara memeriksanya yaitu dari Setting - Battery - Battery Health.

3. Pilih Kapasitas Penyimpanan Besar

iPhone berharga murah memang menggiurkan. Tapi pastikan Anda memilih iPhone dengan kapasitas penyimpanan yang tepat, kalau bisa di atas 32 GB. Apalagi jika iPhone tersebut untuk penggunaan jangka panjang.'

4. Lihat Fitur dan Harga

Pastikan Anda tahu fitur apa yang Anda korbankan saat membeli iPhone bekas. Kemungkinan besar, Anda membeli setidaknya satu generasi di belakang model yang baru saat ini. Selain itu, pastikan harganya sesuai.

5. Waktu yang Tepat

Jika ingin mendapatkan ponsel bekas yang masih normal dan berfungsi baik, harus mengerti kapan waktu yang tepat untuk membelinya. Disarankan jika membeli ponsel bekas tepat setelah penggantinya keluar.

Hal ini, dimaksudkan untuk memastikan bahwa ponsel bekas yang dibeli, dijual karena pengguna sebelumnya ingin ganti perangkat terbaru dan bukan karena rusak.


6. Survei Harga

Survei harga sangat dibutuhkan sebelum mulai membeli ponsel bekas. Hal tersebut menghindarkan dari segala macam bentuk penipuan. Jadi, bandingkan beberapa harga bekasnya dulu. Apalagi saat ini sudah banyak pilihan hp dibawah 1 juta dengan spesifikasi mumpuni.

7. Cek Komponen

Jika Anda telah berada di toko ponsel bekas, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah cek berbagai fitur dan komponen ponsel tersebut. Hal ini, tentu saja memberikan Anda kuasa untuk mengenal lebih jauh handphone yang hendak dibeli.

Sebagai informasi, jangan sungkan menghabiskan waktu yang lama di sebuah outlet handphone bekas hanya untuk cek kondisi dan komponennya.

8. Cek Fisik iPhone

Jangan lupa untuk mengecek seluruh fisik handphone yang akan dibeli. Cara ini cukup sederhana, Anda cukup melihat apakah bodi dan layarnya mulus atau tidak. Jika ada beberapa baret, itu hal yang biasa, karena Anda membeli handphone bekas pemakaian orang lain.

Selain itu, cobalah cek tombol-tombol masih berfungsi dengan baik. Coba operasikan tombol power, home button (iPhone 8 ke bawah), tombol volume atas bawah, dan switch silent. Kalau masih berfungsi coba rasakan sensasi mencetnya, apakah masih lancar atau ada yang kurang seret atau bahkan tidak berfungsi.

9. Cek Fitur

Jika dirasa fisik iPhone incaran sudah oke, sekarang ke bagian fitur dasar pada handphone tersebut, seperti kamera depan, belakang, lampu flash, speaker, dan charger. Untuk kamera, coba untuk foto dan merekam video, serta menggunakan flash pada kamera. Untuk speaker, coba untuk mendengarkan lagu dan menelepon seseorang.

Selain fisik handphone, Anda juga harus mengecek fitur yang ada di dalam handphone tersebut, seperti wifi, bluetooth, getaran atau haptik, face ID, sidik jari, battery health dan sinyal pada handphone tersebut. Jangan sampai Anda melewatkan salah satu fitur yang ada di atas, karena satu fitur bisa memengaruhi fitur-fitur yang lain.

Contoh, jika bluetooth pada iPhone tersebut bermasalah, sudah dipastikan Anda tidak bisa menggunakan airpods atau mengirim file melalui airdrops pada handphone tersebut.

10. Cek Apple ID

Ini adalah hal yang paling penting yang harus Anda cek sebelum membeli iPhone bekas, yaitu mengecek Apple ID. Anda harus memastikan kalau Apple ID pengguna sebelumnya sudah di logout, sehingga Anda bisa memasukkan Apple ID Anda sendiri.

Jangan sampai Anda menggunakan handphone tersebut, namun Apple ID pengguna sebelumnya masih terikat pada handphone Anda. Jika masih terikat, bisa-bisa orang lain bisa mengendalikan handphone tersebut.

Setelah itu, Anda disarankan untuk factory reset handphone tersebut untuk memastikan seluruh konten, password dan lain-lain sudah terhapus, sehingga Anda seperti membeli handphone baru.



Sumber : okezone.com

0 comments: