Tips Menyimpan Kopi di Rumah Menurut Barista, Coba Simpan dalam Freezer!

Kamis, September 08, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi menyimpan biji kopi. Foto: KawaiiS/Shutterstock
Minum kopi setiap hari menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat dunia. Bagi kamu yang memiliki minuman ini di rumah, penting untuk mengetahui cara menyimpannya dengan benar. Untuk menjaga kopi kamu dalam kualitas yang baik, ada beberapa tips menyimpan menurut ahli yang bisa kamu ikuti di rumah.
Biasanya pencinta kopi memiliki stok untuk persediaan di rumah yang mungkin sudah menjadi mandatori. Tidak asal menyimpan, penting juga bagi kamu untuk memperhatikan cara menyimpan kopi agar kualitas dan rasanya tetap terjamin.
Yessylia Violin selaku Roastery Manager dari Common Grounds Coffee Roastery, membagikan tips untuk menyimpan kopi di rumah. Tentunya beberapa cara ini bisa kamu tiru dan lakukan guna menjaga kualitas kopi yang kamu miliki tetap segar dan nikmat.
“Jadi, pernah dengar kalau orang menyimpan kopi di freezer? Itu sebenarnya sangat membantu. Tapi make sure kalau freezer-nya tidak dicampur sama daging atau kamu bisa menggunakan freezer khusus buat kopi,” kata Yessy yang kumparanFOOD di PIK, Jakarta Utara, Selasa (6/9).
Yessylia Violin dalam Common Grounds Media Gathering dan Visit to the Roastery di PIK, Jakarta Utara, Selasa (6/9). Foto: Monika Febriana/kumparan
Lebih lanjut, Yessy mengatakan alasan mengapa biji kopi sebenarnya bisa kamu simpan dalam freezer.
“Kenapa kopi bisa dibekukan? Karena kopi itu kadar airnya sudah hampir tidak ada karena roasting membuang kadar air di dalamnya. Setelah beku nih, saat kopi dikeluarkan tidak akan cair seperti cokelat,” ujarnya.
Rupanya, membekukan dalam freezer memang baik untuk menjaga kualitas dari kopi. Pastikan juga kamu mengemas kopi sesuai kebutuhan setiap harinya.
Yessy memberikan contoh, bila kamu memiliki kopi satu kilogram, bisa membaginya menjadi 100 gram per kemasan. Masukkanlah kopi tersebut dalam kemasan terpisah. Jadi ketika kamu hendak membuat minuman ini hanya perlu mengambil satu kemasan sesuai kebutuhan.
Hal itu dilakukan agar kopi tercegah dari kontaminasi udara luar. Selain itu, yang wajib kamu perhatikan adalah kemasan untuk membungkus kopi. Pastikan kamu menyimpan kopi dalam kemasan kedap udara, tetapi sisakan sedikit ruang untuk sirkulasi.
Ilustrasi biji kopi Foto: Shutter Stock
“Udara memengaruhi rasa. Karena udara yang di dalam dan tidak bisa keluar akan menekan biji kopi. Nah, terkadang biji kopi bisa minyakan salah satunya karena hal itu,” tambah Yessy.
Kemudian, pastikan juga kalau tempat yang kamu pakai tidak transparan, ya. Atau, kamu bisa menghindari kontak kopi yang kamu simpan dari sinar matahari langsung. Hal itu karena sinar matahari akan berpengaruh pada kopi.
Juara Indonesia Barista Championship 2022 ini juga menjelaskan kalau kopi rumahan idealnya bertahan 1-2 bulan di suhu ruang. Perlu dicatat pula, hindari meletakkan kopi dalam lemari bumbu. Hal itu untuk mencegah kopi terkontaminasi bumbu akibat penetrasi.
Nah, sekarang kamu bisa mempraktikkan tips menyimpan kopi ini di rumah. Selamat mencoba!

Sumber : kumparan.com

0 comments: