Tips Olahraga dengan Aman saat Menyusui

Rabu, September 28, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Olahraga baik untuk kesehatan setiap orang termasuk ibu menyusui. Olahraga selama menyusui juga tidak akan mempengaruhi produksi ASI, melainkan akan membuat tubuh ibu menjadi lebih bugar.
Meski begitu, ibu juga perlu paham bahwa kelelahan dapat dapat menimbulkan masalah kesehatan dan mempengaruhi aktivitas menyusui. Oleh karenanya, sebaiknya olahraga saat menyusui jangan dilakukan secara berlebihan ya, Moms.
Lantas, bagaimana caranya agar olahraga tetap aman selama menyusui?

Cara Aman Berolahraga saat Menyusui


Mengutip Very Well Family, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ibu menyusui mulai berolahraga setelah melahirkan seperti berikut ini:
  • Konsultasi lebih dulu dengan dokter sebelum memulai program olahraga, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.
  • Cobalah untuk menyusui atau memompa ASI sebelum berolahraga. Sebab, payudara yang penuh saat olahraga akan membuat ibu tidak nyaman.
  • Jika ibu menyusui mengalami mastitis, Anda disarankan untuk membatasi olahraga yang membutuhkan gerakan bagian atas tubuh terutama mengangkat beban.
  • Gunakan bra yang mendukung, pas, dan nyaman saat berolahraga. Bra yang terlalu ketat atau tidak memberikan dukungan cukup, dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan risiko mastitis.
  • Kenakan bantalan payudara jika ada kekhawatiran kebocoran ASI saat berolahraga.
  • Mulailah berolahraga dengan waktu singkat selama beberapa hari dalam satu minggu. Setelah itu, tingkatkan frekuensi dan durasi olahraga sesuai dengan kemampuan ibu.
  • Berhentilah berolahraga jika merasa sakit atau mengalami pusing, sesak napas, atau peningkatan pendarahan vagina (nifas).
  • Jangan lupa melakukan pemanasan selama 2-3 menit sebelum memulai olahraga dan luangkan beberapa saat setelahnya untuk beristirahat sebelum melakukan aktivitas selanjutnya.
  • Imbangi olahraga dengan mengkonsumsi cairan yang cukup, sehingga ibu menyusui bisa terhindar dari dehidrasi. Ada baiknya juga untuk membawa botol air saat berolahraga agar Anda bisa meminumnya ketika istirahat, Moms.

Nah, setelah mengetahui beberapa tips aman di atas, Anda tidak perlu ragu lagi untuk berolahraga meski sedang menyusui. Dikutip dari What to Expect, olahraga menghasilkan banyak energi serta membuat suasana hati ibu menyusui membaik.
Bahkan, melakukan olahraga yang teratur setelah melahirkan dapat membantu mencegah depresi pasca melahirkan. Tentunya, olahraga juga membantu ibu menyusui untuk menurunkan berat badannya secara perlahan dan alami, Moms.

Sumber : kumparan.com

0 comments: