Unik, Perpustakaan Universitas Malahayati Dialiri Sungai Terpanjang di Indonesia

Rabu, September 21, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Belajar di perpustakaan Universitas Malahayati jauh dari kata membosankan. Pasalnya perpustakaan yang memiliki luas 7.000 meter itu memiliki keunikan tersendiri. Bahkan di dalam perpustakaan terdapat sungai.
Rektor Universitas Malahayati Dr. Achmad Farich, dr. MM mengatakan perpustakaan yang ada di kampusnya menjadi salah satu yang terunik di Asia menurut beberapa media.
"Ada yang menyebut perpustakaan terunik di Asia, bahkan di dunia. Tapi intinya kami bangun ini bukan untuk keluar, tapi sebagai fasilitas bagi mahasiswa," kata Achmad kepada SEVIMA, Selasa (20/9/2022).
Mahasiswa tidak akan merasa bosan saat berada di dalam perpustakaan yang berada di Bandar Lampung itu. Rumah adat dari 34 provinsi menjadi pelengkap perpustakaan. Mahasiswa bisa memanfaatnya untuk belajar kelompok.
Suasana alam pun dimunculkan di dalam perpustakaan, sebuah sungai mengalir mengelilingi rumah-rumah adat. Achmad menyebut sungai tersebut sebagai sungai terpanjang di Indonesia karena melintasi 34 provinsi.
Meski berada di lantai tujuh salah satu gedung kampus, namun pengunjung tidak merasakan berada di dalam sebuah gedung. Pengunjung pun bisa berlama-lama di dalam perpustakaan, karena dibuka hingga pukul 22.00 WIB.
Perpustakaan Universitas Malahayati juga bisa diakses secara digital. Fasilitas yang ada di dalamnya cukup lengkap mulai dari AC, LCD, proyektor, dan lainnya sebagai penunjang pembelajaran mahasiswa.
"Selain luring kami perkuat dengan digitalisasi sehingga bagi mahasiswa yang tidak berada di kampus tetap bisa memanfaatkannya," ujarnya.
Menurut Achmad mulai tahun ajaran baru 2022/2023 pihaknya mulai menerapkan 100 persen tatap muka untuk perkuliahan. Tentu dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Setidaknya ada 1.986 mahasiswa baru pada tahun ajaran kali ini.
Khusus untuk mahasiswa reguler, menggunakan sistem perkuliahan boarding. Pihak kampus menyediakan asrama bagi para mahasiswa. Sementara bagi mahasiswa profesi dan S2, tidak wajib untuk boarding.
Universitas Malahayati memiliki lima fakultas dengan 20 program studi. Fakultas yang ada yakni Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Fakultas Ilmu Hukum, dan Fakultas Ilmu Kesahatan.


Sumber : kumparan.com

0 comments: