Usaha Makin Cuan, Ini 7 Strategi Penjualan Paling Efektif Untuk Meningkatkan Omzet

Senin, September 19, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Usaha Makin Cuan, Ini 7 Strategi Penjualan Paling Efektif Untuk Meningkatkan Omzet
Ilustrasi strategi penjualan (Envato)

Suara.com - Sudah beriklan, kasih promo, diskon, dan lainnya, tapi kenapa omzet tak kunjung meningkat, ya? Barangkali ada yang kurang dalam strategi penjualan Anda.

Bisnis online maupun offline sama-sama membutuhkan serangkaian strategi penjualan yang efektif agar omzet meningkat. Apa saja? Simak lima di antaranya, seperti dikutip dari Youtap.

1. Tingkatkan kualitas produk

Meski Anda hanya sebagai distributor atau reseller yang menjual produk milik orang lain, penting untuk meningkatkan citra dan kualitas produk. Keduanya sangat penting karena telah tertanam dalam kesadaran di benak pembeli. Membangun citra produk yang baik akan meningkatkan loyalitas konsumen di kemudian har

2. Update konten setiap hari

Dalam bisnis online, konten adalah raja. Konten bisa berbentuk apa saja, misalnya tulisan dalam situs atau blog, video, gambar, podcast, atau ebook, yang mengingatkan pembeli akan produk yang tengah dijual.

3. Komunikasi lancar di media sosial

Media sosial merupakan platform yang terbukti efektif dalam meningkatkan penjualan, dan sekaligus menjadi salah satu media komunikasi yang efektif antara penjual dan pembeli. Membangun kepercayaan sangat penting terutama saat menjawab pesan langsung di media sosial. Komunikasi harus lancar dan terbangun secara baik sehingga memberi kepuasan bagi pelanggan dan menjadikan mereka lebih loyal lagi.

4. Gunakan promosi personal lewat email

Mengirim email berupa promosi akan produk kedengarannya sedikit kuno. Namun, masih banyak orang yang tertarik dengan promosi cara ini dan tergoda untuk membuka, membaca, bahkan sampai membeli produk. Promosi melalui email bisa lebih spesifik dan orang yang menerimanya pun bisa merasa lebih spesial. Promosi personal lewat email lebih terukur karena targetnya jelas.

Banyak data menunjukkan bahwa 91% orang masih membuka emailnya setiap hari, dan angka pembelian melalui tautan di email promosi tiga kali lebih besar dari tautan di sosial media. Bahkan sebuah studi yang dilakukan oleh McKinsey & Company menunjukkan promosi lewat email bisa 40 kali lebih efektif dari media sosial.

5. Sisihkan dana untuk iklan berbayar

Beriklan kini bisa dilakukan di berbagai media di internet. Platform iklan besar seperti Google Ads, Facebook Ads, atau Yahoo memungkinkan pengiklan memiliki target pemirsa yang dikustomisasi berdasarkan umur, jenis kelamin, lokasi, dan minat.

Sebagai contoh kustomisasi iklan adalah dengan menggunakan pengaturan Custom Affinity Audiences di Google Ads. Di sini, pengiklan bisa mendapatkan informasi siapa saja audience yang melakukan pencarian di Google dengan kata-kata berkaitan dengan produknya, siapa saja yang membuka situs kompetitor, orang yang mengunjungi lokasi tempat bisnis tertentu, atau orang yang mengunduh aplikasi serupa dengan produk pengiklan.

Sumber : suara

0 comments: