Viral Ada Upacara Caos Dahar di Tengah Toko Modern di Malioboro, Tarik Atensi Publik

Rabu, September 07, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Upacara Caos Dahar (Foto : Ist)

Sebuah video yang menggambarkan upacara tradisi di sebuah toko di Maliboro, Yogyakarta viral di media sosial. Pasalnya, video tersebut menunjukan upacara adat di dalam toko yang terlihat modern.

Upacara tradisi yang belakangan diketahui bernama Caos Dahar itu menyita atensi publik karena dilakukan di toko modern dan di zaman serba maju.

Sang pengunggah video, dalam caption-nya bertanya perihal upacara tersebut. "Kira-kira ini upacara untuk apa ya," kata akun @shop.hamzahbatik.

Yogyakarta menjadi kota yang memiliki banyak Budaya, salah satunya Caos Dahar dalam tradisi Jawa sudah berlangsung sejak lama. Di Keraton Jawa, seperti Keraton Ngayogyakarta, tradisi ini pun masih lestari secara turun-temurun.

Dalam bahasa Indonesia, caos artinya menyiapkan, sedangkan dahar adalah makan. Jadi secara harfiah caos dahar adalah menyiapkan makan.

“Caos Dahar untuk mengirim do'a dahnyang pekarangan. tujuannya untuk meminta perlindungan, rejeki berlimpah, dan yang baik-baik saja.” tulis akun @Tr*sw*n*rn**rny

“Adat budaya bangsa yang harus kita lestarikan,” tulis akun @b*ng*n

“Adat Jawa itu emang kuat jadi wajar sih karena jgn sampai lupa dengan adat ya,” tulis @r*s*v***

Dikutip dari berbagai sumber, tradisi tersebut hampir dilakukan tiap malam Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon, tradisi ini dilaksanakan, terutama bagi keluarga yang masih memegang teguh tradisi Jawa.


Sumber : okezone.com

0 comments: