Viral Bule Kencing Sembarangan di Puncak Bromo, Pengelola Prihatin Sampai Bilang Begini

Sabtu, September 17, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


BALAI Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) menyatakan kecewa dan menyesalkan aksi seorang turis asing yang buang air kecil alias kencing secara sembarangan di puncak Gunung Bromo, Jawa Timur.

Kepala Sub Bagian Data, Evaluasi dan Humas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), Sarif Hidayat mengatakan, aksi buang air kecil sembarangan tersebut merupakan tindakan yang tidak etis.

"Kami prihatin, kecewa, dan menyayangkan atas kejadian atau perilaku yang dilakukan wisatawan tersebut. Selain tidak etis, juga mencederai kesakralan lokasi yang dihormati oleh masyarakat Tengger," kata Sarif, mengutip Antara.

Sebagai informasi, akun Instagram @hometown.earth mengunggah foto yang menunjukkan ada seorang wisatawan asing buang air kecil sembarangan di atas Gunung Bromo. Unggahan yang menggunakan bahasa Jerman tersebut, kemudian dihapus oleh pemilik akun.


Infografis Tips Liburan ke Bromo


Namun, foto wisatawan asing yang buang air kecil sembarangan tersebut kemudian diunggah oleh akun pendakimusiman. Dalam foto tersebut, terlihat turis asing yang menggunakan kaus lengan panjang berwarna abu-abu dan celana hitam, buang air kecil di puncak Gunung Bromo.

Dikatakan Sarif, kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru bukan hanya merupakan kawasan yang memiliki eksotika alam, namun pada lokasi tersebut juga disucikan atau dihormati oleh masyarakat Suku Tengger.

"Sudah seyogyanya, pengunjung atau siapapun yang berkunjung harus menjunjung tinggi dan menghormati kesakralan lokasi-lokasi di Bromo," ujarnya.

Dengan adanya kejadian tersebut, BB TNBTS akan melakukan upaya edukasi kepada para pengunjung di kawasan itu agar kejadian serupa tidak terjadi lagi. Edukasi akan diperkuat melalui platform media sosial.






Sumber : OKEZONE.COM

0 comments: