Wisata Mangrove Surabaya Dilengkapi Harga Tiket dan Fasilitasnya, Destinasi Liburan Keluarga

Kamis, September 22, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Liputan6.com, Jakarta Wisata Mangrove Surabaya merupakan destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan untuk dikunjungi. Terletak di jalan raya Wonorejo Nomor 1, Kecamatan Rungkut, Surabaya. Wisata Mangrove Surabaya dapat ditempuh dengan berkendara melalui Jalan Wonorejo Indah Timur selama kurang lebih 30 menit

Wisata Mangrove Surabaya merupakan Kawasan hutan mangrove yang menyajikan nuansa asri dan hijau dari tumbuhan bakau yang mengelilinginya. Sebelum dikenal sebagai salah satu tempat wisata di Surabaya, tempat wisata mangrove Surabaya merupakan Kawasan konservasi alam untuk mencegah abrasi di wilayah timur kota Surabaya.

Dikenal juga dengan nama ekowisata mangrove Surabaya, tempat ini mengusung konsep wisata edukasi dan rekreasi. Tidak hanya wisata alamnya, Wisata Mangrove Surabaya juga menyediakan berbagai macam fasilitas lain yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

Untuk informasi lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Pesona Wisata Mangrove Surabaya yang wajib dikunjungi untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan teman.

Wisata Mangrove Surabaya

 

Wisata Mangrove Surabaya atau yang juga dikenal dengan nama Ekowisata Mangrove Wonorejo adalah Lembaga Swadaya Masyarakat yang dibangun untuk memberikan edukasi ekosistem bagi masyarakat dan pengunjung.

Di hutan mangrove seluas 200 hektar ini, anda bisa mendapatkan edukasi tentang betapa pentingnya mangrove yang merupakan satu-satunya kawasan mangrove di Surabaya ini. Selain itu, anda akan mendapatkan informasi tentang keanekaragaman flora dan fauna di dalamnya, karena ada 30 fauna disini, seperti kera ekor panjang dan beberapa burung pantai.

Tempat wisata edukatif di Surabaya ini mengajak anda untuk menikmati pemandangan mangrove dengan berjalan kaki menyusuri jembatan bambu atau menggunakan perahu. Wisatawan yang berkunjung ke objek ini dapat menyewa perahu untuk menyusuri sungai yang penuh dengan tanaman mangrove.

Hutan Mangrove yang cantik ini mulai dikelola pada tahun 2015 oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya. Awalnya hutan bakau ini dikelola hanya untuk ditanam sebagai kawasan konservasi, namun karena keindahannya, tempat ini menjadi salah satu tempat wisata alam terbaik di Surabaya.

Lokasi Wisata Mangrove Surabaya

 

Wisata Mangrove Surabaya terletak di Wonorejo, Kec. Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur. Untuk mencapai lokasi ini wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi dan transportasi umum, tempat wisata ini berjarak 15 kilometer dari pusat kota Surabaya dan memakan waktu tempuh sekitar 30 menit. 

Untuk yang menggunakan kendaraan pribadi, bisa memulai perjalanan dari Tol Waru-Juanda, setelah itu dari Tol keluar ke Exit Tambak Sumur. Kemudian putar balik untuk menuju ke Jalan Raya Taman Asri dan tinggal lurus terus sampai bertemu Jalan Wonorejo. Setelah di Jalan Wonorejo akan ada papan petunjuk jalan yang mengarahkan ke lokasi hutan bakau.

Harga Tiket Masuk Wisata Mangrove Surabaya

 

Wisata Mangrove Surabaya menjadi salah satu destinasi wisata yang ramah untuk dikunjungi oleh siapa saja. Harga tiket masuk yang terjangkau, membuat tempat ini menjadi rekomendasi untuk liburan bersama anak dan keluarga besar di akhir pekan.

Buka setiap hari, Wisata Mangrove Surabaya dapat dikunjungi mulai dari jam 08.00 hingga 15.00 waktu setempat. Tidak hanya mengexplore keindahan alam dari hutan bakau, disini wisatawan juga dapat menikmati berbagai macam fasilitas yang disediakan oleh pengelola, seperti berkeliling dengan menggunakan perahu.

Harga tiket masuk Wisata Mangrove Surabaya:

Rp 25.000 untuk dewasa

Rp 15.000 untuk anak-anak

Fasilitas Wisata Mangrove Surabaya

 

Atraksi utama di Wisata Mangrove Surabaya adalah keindahan alamnya yang masih asri dan hijau, sangat cocok untuk wisatawan yang mencari udara segar dan ingin menenangkan pikiran. Selain itu wisatawan juga dapat melakukan beberapa aktivitas lainnya seperti berjalan-jalan di sekitar area hutan sambil berfoto dengan latar belakang hutan bakau yang memukau.

Untuk wisatawan yang suka menjelajah, rekomendasi aktivitas jelajah hutan bakau akan makin menarik dengan menggunakan perahu. Setelahnya wisatawan akan diajak aktivitas edukasi penanaman mangrove di area hutan.

Selain aktivitas inti diatas wisatawan juga dapat menikmati berbagai macam fasilitas yang akan membuat pengunjung nyaman, diantaranya adalah:

- Spot foto instagramable

- Wahana permainan seru

- Taman cantik

- Gazebo

- Area parkir kendaraan wisata luas

- Pusat informasi

- Tempat ibadah

- Toilet umum

Tips Berlibur Ke Wisata Mangrove Surabaya

 

Bagi anda yang tertarik atau berminat untuk berkunjung ke Wisata Mangrove Surabaya. Terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan pengalaman liburan yang berkesan dan tidak terlupakan, berikut tips-tips yang bisa dilakukan:

- Waktu berkunjung terbaik ke Wisata Mangrove Surabaya adalah pada pagi dan sore hari, pada waktu ini anda akan mendapatkan suasana dan pemandangan terbaik.

- Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman untuk menjelajahi hutan bakau yang luas ini. Turut bawa juga pakaian ganti jika anda berencana untuk menjelajahi hutan bakau dengan menggunakan perahu atau mengikuti aktivitas menanam tanaman bakau.

- Bawalah air minum yang cukup serta makanan ringan untuk menemani anda selama perjalanan menjelajahi hutan bakau dan selalu pastikan untuk menjaga kebersihan, kelestarian alam dan tetap berhati-hati saat berwisata di Wisata Mangrove Surabaya.

Sumber : liputan6

0 comments: