10 Cara Masak Telur yang Benar Agar Hasil Seenak Buatan Restoran

Selasa, Oktober 25, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Foto: Getty Images/iStockphoto

Salah satu makanan yang praktis adalah telur. Agar masakan berbahan telur lebih enak rasanya, ada beberapa caramasak yang perlu diperhatikan.

Telur merupakan bahan makanan yang mudah ditemui dan menyimpan beragam manfaat sehat. Untuk menikmatinya, telur sangat praktis untuk dimasak. Bisa digoreng, direbus, maupun masakan lainnya.

Dilansir dari Tasting Table (17/10), ada 10 cara memasak telur yang benar dan gampang dipraktekkan. Mulai dari cara menggoreng telur di wajan, memecahkan telur, hingga membuat poacged egg.

Berikut cara memasak telur yang benar agar rasanya lebih enak:
1. Gunakan minyak atau mentega yang cukup


Telur goreng biasanya dimasak menggunakan wajan antilengket maupun wajan biasa. Ketika menggoreng telur dengan dua alat masak ini harus menggunakan minyak atau mentega.

Gunakan minyak atau mentega itu secukupnya agar telur tidak lengket di wajan. Jenis minyak yang baik ditambahkan untuk memasak telur adalah minyak sayur.

2. Cara mengupas telur
Telur rebus ada beberapa tipe tergantung berapa lama proses perebusan. Kalau ingin yang matang sempurna, biasanya memerlukan waktu 12-14 menit perebusan.

Setelah telur matang, jangan langsung dikupas. Kamu bisa mendinginkannya terlebih dahulu atau merendam dalam air dingin. Gunanya untuk mempermudah proses mengupas telur.

3. Cara membuat telur orak-arik
Cara masak telur Foto: Getty Images/iStockphoto

Banyak orang membuat telur orak-arik (scrambled egg) dengan langsung memecahkan telur ke atas wajan. Cara seperti itu tidak akan menghasilkan telur orak-arik yang lembut.

Kamu harus mengocok telur di mangkuk terlebih dahulu. Berikan juga sejumput garam saat mengaduk. Kemudian, tuang ke atas wajan dan aduk menggunakan spatula secara perlahan di atas api kecil.

4. Pecahkan telur di alas datar
Memecahkan telur juga butuh cara yang tepat. Jangan memecahkan telur di tempat yang runcing, karena dapat membuat cangkang telur terkelupas dan tercampur dengan telur.

Pastikan memecahkan telur di alas yang datar. Cara ini juga akan membuat telur terbuka sempurna dan bagian kuningnya masih utuh.

5. Basahi jari untuk mengambil cangkang
Saat memecahkan telur, terkadang serpihan cangkang ikut masuk dalam telur. Untuk mengambil serpihan cangkang telur itu, biasanya orang menggunakan sendok atau tangan.

Namun, terkadang sulit karena cangkang tercampur telur yang teksturnya licin. Agar mudah mengambilnya, sebaiknya bahasi jari terlebih dahulu. Lalu gunakan jari untuk mengambil kulit telur.

6. Langsung sajikan telur setelah matang
Saat memasak telur, jangan diamkan terlalu lama di atas wajan. Kalau sudah matang, sebaiknya langsung disajikan di atas piring.
Wajan berbahan logam secara alami sangat konduktif. Jadi, ketika membiarkan telur di wajan terlalu lama walaupun sudah mematikan kompor akan membuat terlalu matang dan teksturnya kenyal.

7. Aduk telur orak-arik sampai merata
Telur orak-arik harus selalu diaduk agar matang merata. Kamu tak perlu membolak-balik, jika diaduk merata telur akan bergumpal dan matang.

Jika sudah menggumpal merata berarti telur sudah matang. Angkat segera dari api. Jika terlalu lama telur orak-arik akan kering dan keras. Teksturnya harus creamy basah.

8. Cara membuat poached egg
Poached egg adalah telur ceplok rebus yang bagian kuningnya bertekstur encer. Ketika ingin memasaknya, pastikan tidak langsung memacahkan telur ke dalam panci.

Sebaiknya, telur dipecahkan ke atas mangkuk terlebih dahulu, lalu dituang ke panci yang berisi air mendidih kecil dan aduk perlahan. Biarkan beberapa saat hingga putih telur membeku membentuk bulatan. Angkat dan tiriskan.

9. Masak menggunakan api kecil
Api besar pada kompor jangan diguanakan ketika memasak telur. Apapun jenis masakannya, gunakan api kecil. Karena telur merupakan bahan makanan yang cepat matang.

Api kecil akan membuat kematangan telur merata. Kalau menggunakan api besar, telur akan mudah gosong. Terutama ketika membuat telur dadar.

10. Cara memasak telur goreng
Telur goreng enak sekali disantap bersama nasi hangat dan sambal. Untuk memasaknya, harus menggunakan minyak yang cukup.

Telur goreng yang enak, bagian putihnya kering tetapi kuningnya tetap lunak. Setelah telur masuk ke dalam wajan, perciki telur dengan minyak. Lakukan lagi saat telur sedang digoreng. Ini akan membuat kuningnya cepat matang.


Sumber : detik.com

0 comments: