12 Keunikan Vietnam yang Mungkin Takkan Anda Temukan di Indonesia

Sabtu, Oktober 15, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Keluarga di Vietnam bermain di tengah rel kereta api (Foto: Instagram/@visitvietnam)

12 KEUNIKAN Vietnam yang mungkin takkan Anda temukan di Indonesia akan dibahas pada artikel kali ini. Tak dipungkiri jika setiap negara memiliki keunikan tersendiri. Keunikan-keunikan itulah yang kerap menyedot minat wisatawan untuk berkunjung ke suatu negara.

Salah satu negara yang dikenal dengan banyaknya keunikan adalah Vietnam. Negara yang terkenal dengan sistem irigasi yang baik ini memiliki sejumlah hal unik yang berbeda dari negara lain, termasuk Indonesia. Nah, berikut 12 hal unik dan nyeleneh di Vietnam yang takkan Anda temukan di Indonesia.

Anggur ular

Di Vietnam Anda akan menemukan berbagai makanan dan minuman yang unik nan ekstrem. Salah satunya adalah anggur ular. Anggur ular dibuat dengan cara memotong ekor ular dan membiarkan darahnya menetes ke dalam sebotol anggur beras dan tubuh ular disimpan di dalamnya.

Tak hanya ular, terkadang kalajengking dan rempah-rempah lain juga ditambahkan untuk memperkaya cita rasa anggur ular. Konon pria Vietnam minum anggur ini untuk meningkatkan vitalitas.

Rokok bernikotin tinggi

Vietnam memiliki rokok yang khas yang terbuat dari tembakau berat bernama Thuoc Lao. Tembakau tersebut akan dimasukkan ke dalam pipa bambu besar Dieu Cay sebelum dihisap.

Secara harafiah, Dieu Cay berarti pipa petani. Para petani Vietnam akan merokok menggunakan jenis rokok ini untuk membantu pencernaan. Tak hanya pria, wanita beretnis minoritas Muong di Provinsi Hoa Binh juga kerap berkumpul dan mengisap rokok ini bersama-sama.

Anda harus berhati-hati jika ingin mencicipi rokok ini. Pasalnya, kandungan nikotin dalam Thuoc Lao sangat tinggi dan bisa menyebabkan Anda muntah-muntah jika tidak terbiasa.

Ninja berkeliaran

Mayoritas wanita di Vietnam memmiliki anggapan jika kulit putih adalah yang paling indah. Sehingga mereka akan berusaha menjaga warga kulit mereka. Inilah kenapa saat mereka keluar rumah akan menutup sebagain besar kulitnya agar tidak menghitam.

Mereka kerap mengenakan topi, masker wajah, dan kacamata hitam. Inilah yang menyebabkan mereka terlihat seperti ninja.

Orang disewa menangis di pemakaman

Di Vietnam Utara, terdapat sebuah jasa yang menyewakan seseorang untuk menangis di pemakaman. Dalam hal ini, seseorang yang sudah profesional akan berpidato sembari mengenang jasa dan kontribusi orang yang telah tiada sembari menangis.

Kesedihan yang tercurah selama pidato ini akan menyentuh hati para hadirin dan akan membuat mereka menangis juga. Oleh karena itu, jika ingin bekerja dibidang ini tentu harus memiliki suara yang lantang dan kuat, serta dapat membuat orang lain menangis.

Di negara yang dikenal sebagai negeri Tanah Naga Biru ini rupanya banyak warga yang mengaku tidak beragama. Meski demikian, hampir setiap rumah yang ada di Vietnam memiliki tempat sembahyang. Tak hanya itu, di beberapa lokasi juga banyak kuil Buddha.

Punya nama alias

Sudah menjadi rahasia umum jika orang Vietnam memiliki nama yang susah diucapkan oleh orang asing. Seperti contohnya nama-nama artis Vietnam berikut ini, Mai Phuong Thuy, Hoang Thuy Linh, Nha Phuong, dan lain-lain.

Karena itulah orang-orang Vietnam kerap membuat nama alias. Apalagi bagi mereka yang bekerja di sektor pariwisata. Seorang staf hotel atau tour guide biasanya akan memperkenalkan nama mereka dengan dua nama. Misalnya, nama aslinya adalah Phuong tapi bisa dipanggil Peter.

Helm unik

Vietnam memiliki helm dengan bentuk yang unik dan dikhususkan untuk para wanita. Wanita di Vietnam kerap menguncir rambut panjangnya, sehingga akan kesulitan ketika mengenakan helm. Jadi produsen helm membuat helm dengan lubang di belakang agar wanita yang dikuncir tidak perlu bingung lagi.

Nongkrong di kursi anak TK

Salah satu kebiasaan unik warga Vietnam adalah nongkrong di warung tepi jalan. Uniknya, meja dan kursi yang disediakan biasanya berbentuk mini seperti kursi dan meja anak TK.

Mie aneh

Makanan khas Vietnam adalah Pho, yaitu mie gepeng putih dengan kuah kaldu dan irisan daging. Sedangkan jajanan favoritnya adalah Bahn My, yaitu roti banquette yang diiris dan diisi daging, sayur, serta toping telur atau keju.

Rumah kecil nan tinggi

Rumah-rumah di Vietnam kebanyakan berukuran kecil, namun tingginya bisa menjulang. Bahkan terkadang tinggi rumah-rumah di Vietnam bisa mencapai 7 lantai.

Kuburan tengah sawah

Jika Anda tengah berada di Vietnam dan melihat adanya kuburan di tengah sawah sebaiknya jangan kaget. Karena hal tersebut cukup umum terjadi di Vietnam. Kuburan tersebut biasanya milik kakek atau nenek buyut untuk mempertahankan sawahnya agar tak dijual oleh keturunannya.

Lalu lintas kacau balau

Vietnam menjadi salah satu negara dengan kondisi lalu lintas yang kacau. Bahkan bisa 10 kali lipat lebih kacau dari Indonesia seperti di Jakarta misalnya.

Di negeri komunis itu banyak kendaraan yang menerobos jalur satu arah atau bahkan naik ke trotoar merampas hak pejalan kaki dan lebih sembrono dari yang mungkin Anda temukan di Indonesia.

Itulah tadi 12 hal unik dan nyeleneh di Vietnam yang mungkin tidak akan Anda temukan di Indonesia. Semoga menambah wawasanmu ya!


Sumber : okezone.com

0 comments: