12 Negara Asia yang Tidak Memiliki Laut, Ada Negara ASEAN

Sabtu, Oktober 15, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Indonesia adalah negara di kawasan Asia yang dikenal sebagai negara kepulauan dan dikelilingi lautan. Namun tahukah kamu di kawasan Asia ada beberapa negara yang tidak memiliki laut?

Seperti yang diketahui, Asia adalah benua yang sangat besar dan memiliki kebanyakan negara memiliki akses langsung ke laut.

Beberapa contoh negara-negara besar Asia yang memiliki akses laut langsung termasuk Jepang, Korea Selatan, dan Cina. Tetapi ada beberapa negara di kawasan Asia Barat ternyata tidak memiliki akses langsung ke laut atau terkurung oleh daratan (landlocked).


Kondisi Negara yang Terkurung Daratan
Definisi terkurung daratan berarti negara tersebut tidak memiliki akses langsung ke laut. Beberapa negara yang terkurung daratan mungkin masih dapat mengakses laut menggunakan sungai terdekat.

Namun biasanya, sungai tersebut mungkin melewati wilayah negara lain, yang dapat mempersulit negara yang terkurung daratan untuk mendapatkan akses ke laut.

Negara-negara tersebut biasanya berusaha memfasilitasi aliansi dengan negara lain yang memiliki akses langsung ke laut untuk memudahkan mereka berdagang dengan negara lain.

Negara Asia Terbesar yang Tidak Punya Laut
Di kawasan Asia, negara terluas yang tidak memiliki laut atau terkurung daratan adalah Kazakhstan. Negara ini terletak di Asia Tengah dengan luas lebih dari 2,7 juta kilometer persegi.

Sebagian besar negara ini adalah gurun, sehingga negara ini tidak memiliki banyak air, apalagi akses langsung ke lautan.

Selain Kazakhstan, ada juga negara Asia yang terkurung daratan ganda. Ini berarti bahwa negara tersebut tidak memiliki akses ke lautan dan dikelilingi oleh negara-negara yang juga tidak memiliki akses ke lautan.

Negara tersebut adalah Uzbekistan yang terletak di Asia Tengah. Negara ini dikelilingi oleh lima negara yang juga tidak memiliki akses ke lautan, yakni Turkestan, Kazakhstan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Afghanistan.

Sementara dari kawasan Asia Tenggara, satu-satunya negara yang tidak memiliki laut adalah negara Laos.

Adapun untuk daftar negara Asia yang tidak memiliki laut, berikut ini daftarnya dikutip dari laman World Population Review.

Daftar 12 Negara Asia yang Tidak Memiliki Laut:

1. Uzbekistan

2. Turkmenistan

3. Tajikistan

4. Nepal

5. Mongolia

6. Turkestan

7. Kazakhstan

8. Laos

9. Bhutan

10. Azerbaijan

11. Armenia

12. Afghanistan


Itulah sederet negara di Asia yang tidak memiliki lautan. Beberapa dari negara seperti Nepal, Bhutan, hingga Tajikistan adalah kawasan dataran tinggi atau pegunungan.


Sumber : detik.com

0 comments: