18 Wisata Tokyo Terbaik dan Terpopuler yang Wajib Dikunjungi, Destinasi Liburan Keluarga

Rabu, Oktober 12, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Liputan6.com, Jakarta Wisata Tokyo memang tidak ada habisnya. Tokyo adalah salah satu kota paling menarik di dunia yang menawarkan banyak destinasi wisata termasuk monumen bersejarah, museum unik, gedung pencakar langit yang keren dan pengalaman budaya yang tidak bisa ditemui di tempat lain

Jika anda adalah wisatawan yang pertama kali berkunjung ke Tokyo, mungkin sulit bagi anda untuk memutuskan apa yang harus dilakukan di Tokyo dengan periode waktu yang terbatas. Jadi sangat penting untuk merencanakan perjalanan untuk dapat menikmati wisata Tokyo yang ada dengan maksimal.

Jika anda memerlukan sedikit bantuan untuk mendapatkan beberapa ide tentang tempat wisata Tokyo terbaik untuk dikunjungi, terdapat daftar panjang yang mencakup tempat-tempat wisata klasik, monumen bersejarah, wisata budaya yang unik dan tempat-tempat trendi terbaru di Tokyo.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Rekomendasi tempat wisata Tokyo terbaik yang wajib dikunjungi selama liburan.

Wisata Tokyo Terbaik

1. Shibuya Crossing

Wisata Tokyo yang pertama adalah Shibuya Crossing. Shibuya Scramble Crossing telah menjadi landmark paling ikonik di Tokyo serta tempat foto populer setelah ditampilkan di sejumlah media, dan ketika anda pergi ke sana, anda akan melihat banyak turis dengan kamera menunggu momen terbaik untuk memotret di sudut jalan.

Shibuya dikenal sebagai distrik paling trendi di Tokyo dan merupakan rumah bagi budaya muda Jepang. Sejumlah pusat perbelanjaan besar, butik kecil, toko diskon, bar, klub, kafe dan restoran terletak di sini. Ini adalah area yang bagus untuk berbelanja, bersantap dan keluar malam.

 

2. Kuil Sensoji

Kuil Sensoji adalah kuil tertua di Tokyo dan salah satu lokasi wisata yang paling banyak dikunjungi. Kuil Sensoji terletak di pusat bersejarah kota, daerah Asakusa. Pengunjung senang mengambil foto gerbang Kaminarimon yang ikonik, berjalan-jalan di “Jalan Nakamise”, jalan menuju aula utama kuil dengan jajanan tradisional.

Ada juga sejumlah toko Kimono dan wisata becak yang tersedia di dekatnya. Asakusa adalah area yang bagus untuk merasakan budaya tradisional Jepang dan pemandangan kota bersejarah saat berada di Metropolis modern ini.

 

3. Tokyo Tower

Menara Tokyo telah menjadi simbol kota selama beberapa dekade. Meskipun mungkin kurang diperhatikan hari ini setelah Tokyo Skytree dibuka, namun tetap menjadi landmark kota yang dicintai dan populer. Menara Tokyo menyenangkan untuk dilihat dari kejauhan atau memandang kota dari dek observasi menara itu sendiri.

Ada beberapa tempat untuk melihat Menara Tokyo yang bagus di kota ini, dan tempat yang sangat direkomendasikan adalah Kuil Zojoji yang terletak tepat di sebelah menara. Kuil ini adalah kuil utama sekte Jodo dalam agama Buddha Jepang, dan sangat terkait dengan klan Tokugawa.

 

4. Museum Ghibli

Studio Ghibli adalah studio animasi terkenal karya Hayao Miyazaki yang telah memproduksi sejumlah film populer seperti My Neighbor Totoro, Castle in the Sky, Nausicaa, Princess Mononoke, Spirited Away dan Ponyo on the Cliff. Film animasinya sangat populer di Jepang dan luar negeri, dan telah menginspirasi banyak seniman dan pekerja film.

Museum ini menampilkan seni dan teknik animasi, dan beberapa karakter film terkenal seperti replika Cat Bus dari My Neighbor Totoro dan robot dari Castle in the Sky. Ada juga kafe dan toko suvenir di dalam museum. Museum ini terletak di Taman Inokashira di Kota Mitaka, Tokyo.

Wisata Tokyo Terbaik

5. Harajuku

Wisata Tokyo selanjutnya adalah Harajuku. Jalan Takeshita Harajuku adalah pusat budaya remaja di mana Anda dapat berburu barang-barang fashion yang trendi dan penuh warna serta berbagai barang unik dengan harga yang sangat terjangkau.

Di jalan-jalan utama Harajuku, Jalan Omotesando dan Jalan Meiji, terdapat pusat perbelanjaan besar seperti Laforet, Tokyu Plaza, dan Omotesando Hills yang juga cocok untuk orang dewasa. Harajuku terletak di dekat area Shibuya dimana anda dapat dengan mudah berjalan di antaranya.

 

6. Taman Ueno

Taman Ueno adalah taman umum yang luas yang terletak di daerah Ueno, yang terletak tidak jauh dari daerah Asakusa dan dikenal sebagai pusat distrik pusat kota tua Tokyo. Taman Ueno terdiri dari sejumlah atraksi dan fasilitas seperti museum, kebun binatang, monumen bersejarah dan kekayaan alam.

Taman Ueno adalah salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi di Jepang untuk melihat bunga Sakura. Taman ini sangat populer untuk dikunjungi selama musim bunga sakura karena orang-orang menikmati Hanami yaitu pesta melihat bunga sakura. Taman ini sangat besar, sehingga anda dapat dengan mudah menghabiskan sepanjang hari.

 

7. Odaiba

Odaiba adalah distrik yang terletak di pulau buatan di Teluk Tokyo, Tokyo selatan, yang dapat diakses melalui Jembatan Pelangi atau Jalur Yurikamome. Odaiba adalah salah satu distrik paling menghibur di Tokyo di mana sejumlah pusat perbelanjaan,  restoran, museum dan fasilitas hiburan berkumpul.

Odaiba juga terkenal dengan pemandangan malamnya yang menakjubkan dan sangat populer di kalangan fotografer. Pemandangan Teluk Tokyo yang diterangi, Jembatan Pelangi, dan gedung pencakar langit kota di seberang lautan benar-benar menakjubkan.

 

8. Museum Yayoi Kusama

Yayoi Kusama adalah seniman kontemporer Jepang yang terkenal, yang dikenal sebagai Ratu Polka Dot. Dalam beberapa tahun terakhir, dia mengadakan beberapa pameran di Jepang termasuk Tokyo dan Kyoto untuk sementara waktu, menarik banyak pengunjung dari Jepang dan luar negeri, dan berakhir dengan sukses besar.

Pada bulan Oktober 2017, museum milik Yayoi Kusama akhirnya diluncurkan di jantung Tokyo, daerah Shinjuku. Museum buka dari Kamis hingga Minggu dan Hari Libur Nasional, mulai pukul 11:00~17:00 dengan hanya empat kali masuk dengan slot waktu 90 menit.

Wisata Tokyo Terbaik

9. Yomiuriland

Wisata Tokyo yang berikutnya adalah Yomiuriland. Taman hiburan ini terletak 30 menit dari Tokyo dan merupakan rumah bagi lebih dari 40 atraksi dan aktivitas musiman. Taman ini buka sepanjang tahun dan menyediakan sesuatu yang menarik untuk dilakukan setiap saat sepanjang tahun.

Di musim semi, lebih dari 1.000 pohon sakura di taman ini tersipu dengan selimut warna merah muda yang lembut. Musim panas berarti pembukaan banyak kolam renang dan atraksi air di taman ini. Dan musim dingin, lanskap berubah menjadi negeri ajaib dengan salju yang berkelap-kelip.

 

10. Teater Kabuki-za

Tokyo adalah rumah bagi sejumlah teater yang luar biasa, tidak ada yang lebih dikenal seperti Teater Kabuki-za yang bersejarah dan merupakan tempat pertunjukan Kabuki tradisional yang terkenal. Menyajikan teater abad pertengahan, penampilan yang terampil, lagu dan tarian yang memukau.

Drama dan komedi relatif mudah diikuti berkat visual dan sandiwara yang kaya. Interior teater sangat besar dan biasanya penuh dengan kapasitas sekitar 2.000 tamu. Pertunjukan dapat berlangsung selama berjam-jam, dan penonton tinggal selama yang mereka inginkan.

 

11. National Art Center

Pusat Seni Nasional yang luar biasa bertempat di sebuah bangunan kaca melengkung yang luar biasa di distrik kota Roppongi. Fasilitas luar biasa ini baru dibuka pada tahun 2007 dan sejak itu mendapatkan reputasi yang layak untuk koleksi permanen lebih dari 600 lukisan, sebagian besar dari abad ke-20.

Selain itu anda juga bisa mengunjungi Museum Seni Mori (Mori Bijutsukan) di lantai atas Menara Mori Bukit Roppongi yang berdekatan dengan lokasi museum ini. Museum seni rupa ini terkenal karena pameran reguler karya seni kontemporer dari seluruh dunia.

 

12. National Museum of Nature and Science

Terletak di Taman Ueno Tokyo, Museum Alam dan Sains Nasional (Kokuritsu Kagaku Hakubutsukan) yang luar biasa dibuka pada tahun 1871 dan merupakan salah satu museum tertua di Jepang. Museum ini juga memiliki reputasi sebagai salah satu museum tersibuk dan terbesar di negara ini, menampung koleksi besar sekitar 250.000 bahan yang berkaitan dengan sejarah alam dan ilmu pengetahuan.

Koleksinya termasuk banyak tampilan interaktif yang menarik tentang pengembangan ruang angkasa, energi nuklir dan transportasi, masing-masing memungkinkan pengunjung mendapatkan wawasan unik tentang kemajuan ilmiah dan teknologi terbaru.

Wisata Tokyo Terbaik

13. Istana Kekaisaran

Daya tarik utama distrik Marunouchi Tokyo adalah Istana Kekaisaran (Kōkyo) dengan taman abad ke-17 yang indah dikelilingi oleh tembok dan parit. Masih digunakan oleh keluarga Kekaisaran, Istana Kekaisaran berdiri di situs di mana, pada tahun 1457, Tuan Feodal Ota Dokan membangun benteng pertama, titik fokus dari mana kota Tokyo secara bertahap.

Bagian istana yang terkenal adalah Jembatan Nijubashi yang terkenal dengan desainnya, sebuah struktur yang mengambil nama dari pantulannya di air. Fitur penting lainnya termasuk tembok setebal dua meter yang mengelilingi istana dan gerbangnya, salah satunya mengarah ke Taman Higashi-Gyoen Timur.

 

14. Museum Nasional Tokyo

Wisata Tokyo yang selanjutnya adalah Museum Nasional Tokyo. Museum Nasional Tokyo (ōkyō Kokuritsu Hakubutsukan) menampung lebih dari 100.000 karya penting seni Jepang, Cina, dan India, termasuk lebih dari 100 harta nasional.

Dibuka pada tahun 1938, koleksi museum ini mencakup sorotan seperti banyak patung Buddha dari Jepang dan Cina yang berasal dari abad ke-6 hingga sekarang, serta koleksi tekstil tua, senjata bersejarah, dan peralatan militer.

 

15. Tokyo Skytree

Tokyo Skytree adalah menara komunikasi dan observasi setinggi 634 meter ini menjulang dari distrik Sumida di kota Minato seperti kapal roket besar. Tokyo Skytree dibuka pada tahun 2012 dan dengan cepat menjadi salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di kota ini berkat pemandangan panorama yang luar biasa.

Dengan dasar yang dirancang dalam bentuk tripod besar, menara ini mencakup sejumlah tingkat pengamatan berbentuk silinder, termasuk satu di titik 350 meter, dan satu lagi di titik 450 meter. yang terakhir termasuk jalan spiral kaca yang unik ke sudut pandang yang lebih tinggi dengan lantai kaca untuk mereka yang mencari adrenalin.

 

16. Taman Nasional Shinjuku Gyoen

Berjalanlah melintasi salah satu lahan paling bersejarah di Tokyo dan mengunjungi Taman Nasional Shinjuku Gyoen. Dulunya ini merupakan kediaman keluarga Naito selama periode Edo (abad 17-19). Sekarang menjadi taman nasional, yang dibuka pada tahun 1949 dan dianggap sebagai salah satu taman yang terindah di Jepang.

Taman ini dianggap sebagai salah satu yang terbaik karena menggabungkan tiga jenis taman tradisional yaitu French Formal, English Landscape, dan Japanese traditional. Ini juga merupakan salah satu tempat terbaik di Tokyo untuk melihat bunga sakura, karena taman ini memiliki sekitar 1.500 pohon sakura.

Wisata Tokyo Terbaik

17. Kuil Meiji

Didedikasikan untuk Kaisar Meiji dan istrinya, Permaisuri Shōken, pembangunan Kuil Meiji (Meiji Jingu) yang indah dimulai pada tahun 1915 dan selesai pada tahun 1926. Meskipun struktur aslinya dihancurkan selama Perang Dunia II, kuil itu dibangun kembali pada tahun 1958 dan tetap menjadi salah satu kuil paling penting Tokyo.

Tempat ini juga dikelilingi dengan hutan hijau seluas 175 hektar yang merupakan rumah bagi sekitar 120.000 pohon yang mewakili spesies yang ditemukan di seluruh Jepang, serta “pohon harapan” yang menarik, di mana pengunjung dapat menulis dan menggantungkan harapan terdalam mereka.

 

18. Museum Nasional Seni Barat

Wisata Tokyo yang terakhir adalah Museum Nasional Seni Barat. Terletak di Taman Ueno dan hanya tiga menit berjalan kaki dari Stasiun Ueno, berdirilah Museum Nasional Seni Barat (Kokuritsu Seiyō Bijutsukan). Yang diibangun pada tahun 1959 untuk rencana oleh arsitek terkenal Swiss Le Corbusier.

Pameran disini, sebagian besar terdiri dari karya seniman Prancis penting, sebagian besar berasal dari koleksi pengusaha Jepang dan kolektor seni Kojiro Matsukata, yang dibeli selama kunjungan ke Eropa pada awal abad ke-20.

Sumber : liputan6

0 comments: