2 Jalur Pendakian Gunung Lawu di Karanganyar Tetap Buka Meski Cuaca Ekstrem

Selasa, Oktober 25, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Jakarta - Satu jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu di Magetan, Jawa Timur telah ditutup karena cuaca ekstrem. Namun, dua jalur pendakian di Karanganyar, Jawa Tengah tetap buka.

Jalur pendakian Gunung Lawu di Cemoro Sewu, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, ditutup sementara karena cuaca ekstrem mulai hari ini. Namun, dua jalur pendakian Gunung Lawu di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, tetap beroperasi.

Jalur pendakian yang masih tetap buka meliputi jalur Cemoro Kandang dan Cetho. Koordinator Lapangan Bidang Destinasi Disparpora Karanganyar, Nardi mengatakan belum ada instruksi menutup kedua jalur pendakian tersebut

"Belum ada imbuan tutup. Mungkin yang jalur Cemoro Sewu (Jawa Timur) rawan longsor, yang pos 3 kemarin," kata Nardi

Dihubungi terpisah, petugas basecamp Cemoro Kandang, Bambang mengatakan para pendaki diminta untuk mempersiapkan diri serta perlengkapan safety mengingat saat ini cuacanya ekstrem. Apabila kondisi tubuh tidak memungkinkan untuk melakukan pendakian disarankan tidak perlu memaksakan diri.

"Suhu kemarin malam 4 derajat Celcius di basecamp (Cemoro Kandang), saat ini (pukul 12.00) suhu di basecamp sekitar 14 derajat Celcius. Perkiraan kalau di atas (puncak) bisa sampai 1 derajat Celcius kalau malam. Kalau siang 8-9 derajat," pesan Bambang.

Dia menuturkan, jumlah pendaki saat musim penghujan seperti saat ini memang mengalami penurunan cukup drastis apabila dibandingkan dengan saat cuaca cerah beberapa bulan yang lalu. Dalam seminggu terakhir di Cemoro Kandang jumlah pendaki hanya berjumlah 2 orang, sementara saat akhir pekan kemarin, hanya 20 orang.

"Cuaca seperti ini memang sepi-sepinya pendaki," terang dia.

Dikutip dari detikJatim, jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu Magetan ditutup. Penutupan jalur ini diberlakukan seiring cuaca ekstrem yang berbahaya bagi pendaki.

"Kita melakukan penutupan jalur pendakian gunung Lawu via Cemoro Sewu seiring cuaca ekstrem. Hal ini sangat berbahaya bagi pendaki," ujar Humas KPH Lawu DS, Eko Santoso saat dikonfirmasi detikJatim

Penutupan jalur pendakian via Cemoro Sewu, kata Eko, terhitung mulai hari ini dan sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan. Pihak penjaga pintu masuk pendakian via Cemoro Sewu telah memasang papan pengumuman bahwa jalur pendakian ditutup.


Sumber : detik.com

0 comments: