20 Ide Jualan Makanan yang Laris di Kampung

Kamis, Oktober 27, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Jakarta - Menambah penghasilan dapat dilakukan dengan cara jualan makanan yang laris di kampung. Mengingat makanan adalah salah satu ide bisnis dengan peluang yang bagus.

Anda hanya perlu menyiapkan beberapa ide dan referensi makanan yang cocok dijual di rumah makan sederhana dan menerapkan cara promosi yang tepat. Apabila Anda berminat membuka usaha, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan 20 ide jualan makanan yang laris berikut ini.

Ide jualan Makanan yang Laris di Kampung
Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah menentukan jenis makanan yang hendak dijual Anda dapat mulai menjual makanan yang secara umum disukai masyarakat, seperti yang dicontohkan buku Kitab Masakan: Kumpulan Resep Sepanjang Masa oleh tim Dapur Demedia seperti berikut:

Pepes Ayam Jamur Kancing

Pepes ayam jamur kancing adalah masakan yang menggunakan bahan baku ayam, jamur kancing, dengan bumbu halus seperti bawang putih, kunyit, bawang merah, jahe, batang serai, dan lain-lain. Ayam dan jamur kancing direbus hingga matang dan dicampurkan dengan bumbu halus. Pepes ayam kemudian dibungkus dengan daun pisang dan ditambahkan cabai rawit dan daun kemangi. Kukus selama 35 menit sampai matang dan padat.

Perkedel Kentang Ayam
Ide makanan yang laris selanjutnya adalah perkedel kentang ayam. Selain disukai masyarakat, perkedel menggunakan bahan baku kentang yang murah dan mudah didapatkan. Ayam dan kentang kemudian dicincang halus, dan dicampurkan dengan seledri dan jagung manis. Celupkan dalam putih telur dan goreng menggunakan minyak panas hingga kecoklatan.

Rendang Ayam
Rendang adalah salah satu bumbu masakan khas nusantara yang sering dipakai untuk memasak daging. Namun, rendang juga dapat dimasak menggunakan bahan baku daging ayam. Haluskan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, cabai, jahe, dan lengkuas untuk kemudian dilumurkan ke daging ayam. Tunggu 15 menit dan bilas hingga bersih, kemudian larutkan dengan bumbu halus dan santan. Masak hingga matang dan mengental.

Bebek Bumbu Madura
Salah satu ide jualan makanan yang laris di kampung adalah bebek bumbu Madura. Menu yang satu ini terbilang murah dan digemari masyarakat. Ciri khas bebek bumbu madura adalah bumbu hitamnya yang gurih dan harum. Caranya pun mudah, bebek yang dilumuri dengan bumbu halus, daun jeruk, dan serai, kemudian didiamkan selama 30 menit. Kemudian bebek yang sudah berbumbu dimasak hingga mendidih. Kecilkan api, goreng kembali bebek sampai matang.

Bebek Cabai Hijau
Ingin menyediakan menu bebek dengan berbagai bumbu? Bebek cabai hijau dapat menjadi pertimbangan. Bebek yang sudah dilumuri dengan garam dan air jeruk, kemudian dicuci dan dikukus hingga kaldunya keluar. Tumis bumbu halus dan tambahkan cabai hijau, tomat, daun jeruk, daun salam, serai, garam, dan gula kemudian dikukus dan diaduk rata. Masak hingga bumbunya meresap, kemudian angkat, dan sajikan dengan sambal hijau dan lalapan.

Pecel Lele
Pecel lele adalah rumah makan yang dapat ditemui dimana saja. Seringkali tenda pecel lele berada di pinggir jalan dan menyediakan menu lele goreng atau bakar, lalapan. Dan sambal. Supaya makanan yang Anda jual kualitasnya tetap terjaga, pastikan memiliki relasi dengan penjual lele di kampung. Sehingga Anda dapat menawarkan harga dan kualitas terbaik.

Bubur Ayam
Selain pecel lele, bubur ayam juga sering ditemui terutama saat pagi hari. Masyarakat menjadikan bubur sebagai menu sarapan. Usaha kuliner bubur dapat ditemukan dimana-mana, baik di kota besar, pedesaan, dan daerah lainnya. Sebagai referensi, Anda dapat menjual bubur dengan berbagai tambahan makanan, seperti bubur hati sapi, daging ayam, kacang-kacangan, dan lain-lai,

Soto
Ada bermacam macam soto yang populer di pasaran, contohnya adalah soto ayam, soto babat, soto daging, soto betawi, soto lamongan, dan lain-lain. Usaha kuliner soto dapat dijalankan dengan modal relatif kecil.

Kupat Tahu
Selain bubur dan soto, kupat tahu juga identik dengan menu sarapan. Kupat tahu adalah sajian makanan yang menggunakan potongan ketupat dan dilumuri bumbu kacang. Membuka usaha kuliner kupat tahu dapat dijalankan dengan modal sedikit. Terlebih bahan-bahannya mudah didapatkan di pasar tradisional dengan pengeluaran yang tidak besar.

Roti Bakar
Selain makanan berat, ide jualan makanan yang laris di kampung dapat berupa roti bakar dengan anke rasa. Contoh varian rasa roti bakar yang populer adalah cokelat, keju, susu, kacang, stroberi, dan lain-lain.

Martabak
Martabak terdiri dari dua jenis, yaitu martabak manis dan martabak telur. Kedua jenis martabak ini digemari banyak orang dan sering dijual saat malam hari. Bisnis martabak termasuk salah satu usaha yang tidak membutuhkan modal besar dan bisa dibuka saat Anda berada di kampung.

Kue Basah
Membuka usaha makanan tidak harus berupa makanan berat, Anda dapat menawarkan kue basah atau jajanan pasar kepada pelanggan. Membuat kue basah juga mudah dan bahan bakunya tersedia di pasar.

Gorengan
Ingin menjual makanan yang pilihannya beragam? Menjual gorengan dapat menjadi inspirasi untuk jualan di kampung. Gorengan terdiri dari macam-macam jenis, mulai dari pisang goreng, bakwan, tahu isi, risoles, tempe mendoan, aci goreng, dan lain-lain. Tambahkan sambal pendamping atau cabai sebagai lalapan.

Bakso dan Mie Ayam
Sebagian besar masyarakat di Indonesia mengenal dan menyukai bakso dan mie ayam. Bahkan setiap daerah memiliki ciri khas baksonya masing-masing. Anda dapat mengadaptasi bakso wonogiri, bakso malang, bakso solo, dan lain-lain. Usaha mie ayam dan bakso juga termasuk bisnis dengan modal kecil.

Nasi Goreng
Ide jualan makanan yang laris di kampung selanjutnya adalah nasi goreng. Anda dapat menjualnya saat malam hari dan menambahkan variasi menu tambahan, seperti: nasi goreng kornet, nasi goreng kambing, nasi goreng daging sapi, nasi goreng ayam, dan masih banyak lagi.

Ayam Geprek
Ayam geprek yang dimasak dengan bumbu tepung dan dihancurkan dengan lumuran sambal juga laris di pasaran. Kunci utama membuat ayam geprek yang enak adalah olahan ayam dan sambalnya. Anda dapat menggunakan variasi sambal khas daerah asal dan menjualnya dengan harga terjangkau.

Nasi Uduk
Nasi uduk laris tidak hanya di kota, tetapi juga di kampung. Nasi uduk memiliki ciri khas rasa yang gurih dan disajikan dengan bermacam-macam lauk. Usaha nasi uduk cocok dijadikan penghasilan tambahan dan sebaiknya berjualan di tempat strategis untuk menarik pelanggan.

Nasi Padang
Nasi padang adalah kuliner yang berasal dari daerah Minang dan disukai sebagian masyarakat Indonesia. Makanan padang terdiri dari berbagai macam lauk-pauk dan menjadi ide usaha kuliner dengan variasi makanan yang beragam.

Keripik Khas Indonesia
Rata-rata masyarakat di Indonesia suka camilan seperti kerupuk dan keripik. Contoh keripik populer yang dijual di pasaran adalah keripik singkong, kerupuk kulit sapi, keripik talas, keripik jagung, dan lain-lain.

Gado-gado dan Karedok
Baik gado-gado dan karedok memiliki bahan baku yang mirip, terutama sayuran dan saus kacang. Pilihan menu ini disukai banyak orang karena dianggap sebagai menu sehat dan harganya murah.

Cara Promosi Makanan yang Menarik dan Tepat Sasaran
Setelah menentukan ide jualanan makanan yang laris di kampung maupun perkotaan, selanjutnya adalah menerapkan cara promosi usaha kuliner yang menarik dan tepat sasaran. Menurut Xgen Tech, cara promosi makanan adalah sebagai berikut:

Memasang Iklan
Memasang iklan adalah cara umum yang diterapkan untuk memberitahu publik bahwa ada produk yang ingin kita tawarkan. Namun, iklan yang efektif adalah iklan yang memberikan pesan "brand awareness" supaya masyarakat dapat mengetahui bahwa kita sedang berjualan makanan.

Membagikan Konten Melalui Media Sosial
Makanan terlihat menarik jika difoto dan diposting melalui media sosial. Silahkan memilih jenis konten sesuai kebutuhan, baik foto, video, maupun ulasan artikel.

Optimalkan Penggunaan Medsos
Dari semua jenis media sosial yang ada, Instagram dianggap efektif dan optimal untuk memasarkan produk. Dilansir Xgen Tech, 83% pengguna menemukan produk dan layanan melalui Instagram. Keunggulan ini dapat Anda manfaatkan untuk mempromosikan makanan yang Anda jual.

Membuat Program Referral
Referral adalah strategi marketing dimana konsumen mendapatkan keuntungan apabila berhasil mengajak orang lain untuk ikut serta membeli produk. Cara ini dianggap efektif untuk meningkatkan penjualan.

Membuat Konten di Blog
Selanjutnya, cara memasarkan produk makanan yang tepat dan efektif dapat menggunakan blog. Melalui konten, Anda dapat menunjukkan kepada konsumen mengenai keunggulan produk yang ditawarkan.

Semoga informasi di atas dapat memberikan inspirasi dan ide baru bagi Anda yang ingin berjualan makanan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Sumber : detik.com

0 comments: