26 Wisata di Tulungagung yang Sayang Dilewatkan, Kaya Akan Keindahan Alam

Senin, Oktober 17, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Liputan6.com, Jakarta Wisata di Tulungagung sayang untuk dilewatkan apabila sedang berlibur di Jawa Timur. Tulungagung merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang letaknya dibagian selatan dari Kediri.

Wisata di Tulungagung tak kalah menakjubkan dengan daerah lainnya. Wisata di Tulungangung terkenal akan pesona alamnya yang menakjubkan, indah dan eksotis. Untuk itu, banyak wisatawan baik lokal maupun luar daerah yang berkunjung

Wisata di Tulungagung ada beragam, mulai dari pegunungan, pantai, air terjun, danau, hingga taman bermain. Semua wisata di Tulungagung tersebut memiliki daya tarik masing-masing, sehingga saat kamu berkunjung dijamin akan mendapatkan pengalaman liburan yang seru dan menyenangkan.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai wisata di Tulungagung yang telah dirangkum dari berbagai sumber

Tempat Wisata di Tulungagung yang Sayang Dilewatkan

1. Danau Ranu Gumbolo

Tempat wisata di Tulungagung yang pertama adalah Ranu Kumbolo. Danau cantik ini terletak di sebelah bendungan Wonorejo tepatnya di Bantengan, Mulyosari, Pagerwojo. Di danau Gumbolo kamu akan disuguhkan pemandangan hijau yang masih sangat alami. Di kawasan ini juga disediakan wahana flying fox, perahu kayuh, dan masih banyak wahana lainnya. Suasana yang sejuk dan jernihnya air danau tersebut akan membuat kamu betah berlama-lama di sana.

2. Air Terjun Sarang Awan

Air terjun Sarang Awan merupakan tempat wisata di Tulungagung yang berada di Dukuh Sengon, Desa Kradinan, Pagerwojo, Tulungagung. Namun penduduk yang ada di sini, sering menyebutnya dengan nama Air Terjun Ondo-ondo. Wisata ini memiliki pemandangan yang sangat memukau, dengan ketinggian air terjun ini mencapai sekitar 75 Meter. Air terjun Sarang Awan memang jarang dikunjungi oleh wisatawan, sehingga kondisi alam yang masih alami sangat cocok untuk berburu foto Instagramable.

3. Sungai Niyama

Tempat wisata di Tulungagung yang sayang dilewatkan saat liburan adalah Sungai Niyama. Tempat ini cukup populer karena memiliki nuansa alam yang indah. Ketika kamu berkunjung akan terdengar suara gemericik air yang mengalir, serta pengunjung juga bisa menikmati suasana alam yang asri. Tempat ini akan sangat cocok bagi kamu yang mencari ketenangan dengan pesona alam.

4. Watu Payung Tulungagung

Tempat wisata di Tulungagung yang sayang dilewatkan adalah Watu Payung. Sama seperti namanya, tempat ini menyuguhkan pemandangan batu yang berbentuk seperti payung. Selain itu, tempat ini memiliki hamparan lapangan yang luas dengan menampilkan pemandangan indah dan sejuk. Saat berada di sini, pengunjung bisa swafoto, sebab disediakan spot foto yang menarik dan unik.

Tempat Wisata di Tulungagung yang Sayang Dilewatkan

5. Pantai Gerangan

Salah satu tempat wisata di Tulungagung yang sayang dilewatkan adalah Pantai Gerangan yang berada di Ngrejo, Tanggung Gunung, Tulungagung. Pantai ini cukup tersembunyi dari keramaian, serta tidak banyak pengunjung yang datang ke sini. Namun bagi kamu yang ingin menikmati ketenangan, tempat ini sangat cocok dijadikan pilihan.

6. Pantai Brumbun

Pantai Brumbun merupakan salah satu tempat wisata di Tulungagung yang berada tak jauh dari Pantai Gerangan. Tempat ini memiliki lokasi yang juga tersembunyi, sehingga membuat pantai ini masih nampak alami dan asri.

7. Jembooland Waterpark

Salah satu tempat wisata di Tulungagung yang sayang dilewatkan adalah Jembooland Waterpark. Tempat ini menawarkan berbagai wahana permainan air yang bisa dinikmati bersama keluarga. Mulai dari bermain air hingga mencoba rollercoaster. Selain itu, berbagai fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini pun cukup lengkap, seperti toilet, mushola, tempat bersantai dan juga foodcourt.

8. Bukit Jomblo

Tempat wisata di Tulungagung yang sayang dilewatkan adalah Bukit Jomblo yang memiliki pemandangan alam memukau. Bukit Jomblo ini merupakan salah satu destinasi wisata alam terpopuler, karena pemandangan panorama alamnya yang masih segar dan juga asri. Tempat wisata ini sangat cocok digunakan untuk healing dan melepas penat.

Tempat Wisata di Tulungagung yang Sayang Dilewatkan

9. Pantai Pathuk Gebang

Wisata di Tulungagung yang sayang dilewatkan saat liburan adalah Pantai Pathuk yang berada di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung. Pantai ini merupakan wisata yang tidak kalah indah panoramanya untuk dinikmati. Memiliki pemandangan batu karang yang menyerupai bendungan, serta deburan ombak yang menghantam batu karang  menjadi daya tarik tersendiri untuk dinikmati.

10. Pantai Molang

Salah satu tempat wisata di Tulungagung yang sayang dilewatkan saat liburan bersama keluarga adalah Pantai Molang, yang terletak di daerah Pucang Laban, Tulungagung. Saat berkunjung, Anda akan melihat indahnya hamparan pasir putih juga air laut yang jernih, serta tebing-tebing yang ditumbuhi pepohonan hijau. Pantai ini juga kerap dijadikan sebagai tempat untuk berkemah sambil menikmati matahari saat terbit dan terbenam.

11. Air Terjun Coban Kromo

Selain memiliki keindahan pantai yang indah juga memesona, air terjun Coban Kromo juga menawarkan keindahan kolam alami yang indah. Saat berkunjung ke tempat ini, Anda harus menempuh jarak kurang lebih 12 kilometer dari pusat kota Tulungagung. Namun jangan khawatir, karena pihak pengelola telah menyediakan tangga yang akan dilalui pengunjung untuk menikmati destinasi wisata ini. 

12. Pantai Sine

Pantai Sine berada di Dusun Sine RT. 05 RW. 01, Sine, Kalibatur, Kalidawir, Kabupaten Tulungagung. Salah satu daya tarik wisata di Tulungagung ini adalah letak pantai yang berada di perkampungan nelayan yang dikenal cukup ramah. Pantai ini juga dikelilingi oleh tebing dengan sumber mata air jernih untuk warga dan hutan lindung yang rindang, sehingga semakin membuat keindahan alamnya memesona.

Tempat Wisata di Tulungagung yang Sayang Dilewatkan

13. Air Terjun Alas Kandung

Air Terjun Alas Kandung merupakan salah satu wisata di Tulungagung yang berada di Desa Tanen, Kecamatan Rejotangan, Tulungagung. Wisata di Tulungagung ini memiliki air yang jernih dan segar, sehingga menarik banyak wisatawan untuk menghabiskan waktu liburannya di sini. Selain itu, suasananya juga masih sangat alami, sehingga sangat cocok untuk berburu foto Instagramable. 

 

14. Pantai Coro

Tempat wisata di Tulungagung yang sayang dilewatkan selanjutnya adalah Pantai Coro. Tempat ini merupakan wisata yang masih baru, serta memiliki lokasi yang tidak berada jauh dari Pantai Popoh. Saat berkunjung ke sini, Anda akan menikmati hamparan pantai pasir putih dengan dikelilingi tebing karang.

15. Pantai Sidem

Pantai Sidem merupakan salah satu tempat wisata di Tulungagung yang terletak tak jauh dari pantai Popoh. Pantai ini sangat cocok untuk berekreasi bersama keluarga. Berbeda dengan pantai lainnya yang berpasir putih, Pantai Sidem merupakan pantai dengan pasir hitam.

16. Pantai Klatak

Pantai Klatak adalah salah satu tempat wisata di Tulungagung yang berlokasi di Keboireng, Besuki, Kabupaten Tulungagung. Pantai ini akan sangat cocok bagi pengunjung untuk menyaksikan matahari terbit. Daya tarik lainnya yang dimiliki oleh pantai Klatak adalah tempat ini digunakan untuk budidaya lobster. Tak seperti pantai lainnya yang memiliki pasir lembut, Pantai Klatak memiliki hamparan bebatuan kecil dan karang yang berdiri kokoh.

Tempat Wisata di Tulungagung yang Sayang Dilewatkan

17. Cemoro Sewu

Cemoro Sewu atau yang dikenal sebagai Cemara Sewu adalah salah satu tempat wisata di Tulungagung yang populer. Tempat ini berlokasi di Desa Kalibatur, Kalidawir, Tulungagung. Sebenarnya lokasi wisata ini masih dalam kawasan pantai, namun padatnya rerimbunan pohon cemara, membuat tempat ini lebih terkenal dari pantainya. Saat berkunjung, kamu akan melihat ribuan pohon cemara, yang bisa dijadikan tempat berburu foto Instagramable.

18. Pantai Pucang Sawit

Pantai Pucang Sawit terletak di Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung. Tempat wisata di Tulungagung ini memiliki bebatuan besar yang tersebar di sepanjang pantai, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Sekilas, jika mengunjungi pantai ini kamu seakan berada di Belitung, sehingga Pantai Pucang Sawit kerap disebut Belitungnya Jawa Timur.

19. Pantai Ngalur

Pantai Ngalur merupakan tempat wisata di Tulungagung yang berlokasi di Jengglungharjo, Tanggung Gunung, Tulungagung. Pantai ini berada di kawasan pegunungan dengan jalur tempuh yang cukup rumit. Meski jalur yang dilalui tak mudah, namun saat berada di sini, pengunjung akan terpesona dengan keindahan wisata ini. Pengunjung juga bisa merasakan ketenangan pantai dengan hamparan pasir putih dan deburan ombak yang mengalun.

20. Pantai Kedung Tumpang

Salah satu pantai yang terkenal di Tulungagung adalah Pantai Kedung Tumpang. Tempat wisata ini sangat unik karena terdapat gugusan karang yang membentuk kolam-kolam kecil di pinggir pantainya. Kolam-kolam yang tersedia di sini, bisa digunakan pengunjung untuk melakukan aktivitas seperti berenang, berfoto, atau sekadar bermain air. 

21. Hutan Pinus Nyawangan Park

Tempat wisata di Tulungagung yang sayang dilewatkan berikutnya adalah Hutan Pinus Nyawangan Park. Tempat ini merupakan salah satu wisata hutan pinus yang populer di Tulungagung, karena pengunjung akan melihat hutan pinus yang cukup sejuk dan rindang, serta ditambah suasana yang nyaman. Hutan ini juga memiliki area foto yang menarik, salah satunya adalah Bukit Cinta Nyawangan Park. 

Tempat Wisata di Tulungagung yang Sayang Dilewatkan

22. Candi Dadi Tulungagung

Tempat wisata di Tulungagung yang sayang dilewatkan selanjutnya adalah Candi Dadi. Tempat ini merupakan wisata yang memiliki sejarah panjang. Meskipun tidak semegah Candi Borobudur, Candi Dadi mempunyai kenangan tersembunyi atas terbentuknya kota Tulungagung. Tempat wisata ini memiliki spot yang cocok untuk mengambil foto-foto aesthetic dengan kesan sejarah.

23. Tebing Banyu Mulok

Tempat wisata di Tulungagung yang lainnya adalah Tebing Banyu Mulok. Tempat wisata ini memiliki pemandangan alam yang elok dan sangat cocok untuk merelaksasi pikiran. Setiap sudut dari Tebing Banyu Mulok sangat cocok diabadikan dalam feed Instagram kamu.

24. Telaga Ngambal

Salah satu tempat wisata di Tulungagung yang sayang dilewatkan berikutnya adalah Telaga Ngambal. Tempat ini merupakan waduk yang sangat cantik, serta menawarkan sajian alam dengan udara sejuk yang akan memanjakan jiwa serta pikiran. Selain itu, di sini juga terdapat permainan air yang bisa kamu coba.

25. Pantai Popoh

Tempat wisata di Tulungagung yang selanjutnya adalah Pantai Popoh. Lokasinya yang sangat mudah untuk dijangkau membuat pantai ini tak pernah sepi pengunjung. Ombak di wisata ini juga tergolong tenang untuk dijadikan tempat bermain air. Pasirnya yang putih bersih menjadikan tempat ini sebagai tujuan favorit berekreasi di akhir pekan dan hari libur bersama keluarga maupun teman.

26. Pantai Sanggar

Tulungagung sebagian besar memang dikelilingi oleh pantai yang keindahannya tak tertahankan. Rekomendasi yang kesekian kalinya yakni di Pantai Sanggar. Pantai ini sangatlah sepi, sehingga kamu bisa menikmati keindahannya dengan sangat nyaman. Pantai ini cukup tersembunyi sehingga masih bagus dan terawat keasliannya. Ombaknya pun begitu bagus ketika dijadikan background foto untuk feed di Instagram kamu.

Sumber : liputan6

0 comments: