4 Sekolah Unik yang Ada di Dunia, Ada yang Terapung di Atas Perahu

Sabtu, Oktober 15, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Merupakan hal yang sangat lumrah jika kegiatan belajar-mengajar dilakukan di bangunan sekolah sebagaimana biasa.

Namun di beberapa negara di dunia, terdapat sekolah-sekolah unik yang sebelumnya tidak pernah diprediksi akan ada.

Contohnya, sekolah di atas awan yang berada di China. Lantas, apa sajakah sekolah-sekolah unik lainnya di dunia? Berikut informasinya.

1. Sekolah Terapung (Bangladesh)

 

Sekolah terapung di Bangladesh merupakan salah satu sekolah unik di dunia. Melansir laman Global Voices, sekolah terapung ini didirikan di atas perahu dan secara khusus diinisiasi oleh sebuah organisasi internasional bernama Bangladesh Rural Advancement Committee (BRAC).

Program sekolah terapung ini memberikan kesempatan kepada anak-anak yang tinggal di wilayah rawan banjir, khususnya di wilayah timur laut Bangladesh.

Selain BRAC, organisasi lain yang juga memperkenalkan bentuk sekolah terapung ini adalah Shidhulai Swanirvar Sangstha.

Tak hanya berfungsi sebagai sekolah, perahu ini juga dijadikan transportasi yang menjemput para siswa di rumahnya.

Beberapa perahu bahkan dilengkapi dengan perpustakaan mini, laptop, dan koneksi internet yang memudahkan proses belajar mengajar.

2. Sekolah di Dasar Gua (China)

Sekolah unik selanjutnya berada di Gua Dongzhong, China.

Meskipun terlihat tidak ada yang menarik, namun gua ini sudah dijadikan lokasi belajar anak-anak di Desa Mao sejak tahun 1984.

Dongzhong merupakan sebuah gua alami yang sudah terbentuk selama ribuan tahun, akibat adanya pergeseran seismik, air, dan angin.

Adalah sensasi tersendiri kala para siswa belajar di Gua Dongzhong. Sebab, mereka bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah.

Karena masuk dalam wilayah yang cukup terpencil dan sulit mendapat akses pendidikan, masyarakat desa Mao memilih untuk menjalankan pendidikan sendiri.

3. Sekolah di Atas Awan (China)

Masih dari China, negara ini juga memiliki sekolah unik bernama sekolah di atas awan. Melansir Medium, sekolah ini terletak di Pegunungan Gulu, Sichuan, China.

Apabila ingin bersekolah, para siswa harus melakukan pendakian selama kurang lebih 5 jam.

Karena letaknya yang berada di ketinggian, sekolah ini dijuluki sebagai sekolah di atas awan. Rupanya, sekolah dasar Gulu ini menjadi satu-satunya sarana pendidikan bagi masyarakat setempat.

Menuju ke sekolah, siswa harus sangat berhati-hati, karena medan yang amat berbahaya. Mereka akan melalui jalan setapak di dinding tebing, yang lebarnya hanya sekitar 16 inci atau 40,64 cm.

Satu-satunya guru yang mengabdikan diri di sekolah Gulu adalah Shen Qijun. Ia sudah menjadi pengajar selama 26 tahun. Sekolah Gulu sendiri sudah beroperasi selama 60 tahun, sebelum akhirnya ditutup pada 18 November 2011.

Meskipun sudah tidak beroperasi, namun kisah tentang sekolah Gulu masih terus terkenang dan menjadi perbincangan masyarakat China. Sebab, sekolah tersebut menjadi contoh nyata kesenjangan pendidikan di China kala itu.

4. Sekolah Dasar Abo (Amerika Serikat)

Abo adalah sebuah sekolah dasar di New Mexico, Amerika Serikat (AS) yang berada di bawah tanah.

Sekolah Abo menjadi sekolah negeri pertama di AS yang dibangun secara full di bawah tanah. Melansir laman National Park Service, sekolah ini sudah dirancang sejak masa Perang Dingin dan rampung pada tahun 1962.

Sekolah tersebut dilengkapi dengan atap beton berfungsi ganda. Selain sebagai penutup sekolah, atap ini juga digunakan sebagai tempat bermain.

Selain itu, sekolah Abo dilengkapi dengan ruang penampungan yang mampu diisi hingga 2 ribu orang. Bangunan tersebut difungsikan sebagai sekolah dari tahun 1962 hingga 1995.

Sumber : okezone.com

0 comments: