4 Tips Memilih Sikat Gigi yang Nyaman dan Benar!

Kamis, Oktober 13, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Memilih sikat gigi (Foto: Mountain aire dentistry)

MENYIKAT gigi dengan benar mungkin sudah ditanamkan dalam semua anak-anak sejak kecil. Namun, seperti kata pepatah, seorang pekerja hanya sebagus peralatannya, jadi memilih sikat gigi yang tepat sangat penting untuk memastikan anda memberikan perawatan terbaik pada gigi dan gusi anda.

Namun, ada berbagai jenis sikat gigi yang semuanya membuat klaim tentang bagaimana mereka membantu merawat gigi anda, sehingga memilih sikat gigi yang tepat untuk situasi gigi tertentu tidak selalu mudah.


Seberapa Sering Harus Mengganti Sikat Gigi?

Dengan sikat gigi baru, terbukti menghilangkan plak hingga 30% lebih banyak daripada sikat gigi yang berumur tiga bulan, mengganti sikat gigi anda secara teratur sangat penting untuk menjaga tingkat kebersihan mulut yang tinggi secara konsisten. Pakar gigi menyarankan untuk mengganti sikat gigi setiap tiga bulan, atau ketika bulu mulai terlihat aus.

Tips memilih sikat gigi yang Benar

Untuk mendapatkan kebersihan rongga dan mulut yang baik, menyikat gigi adalah salah satu caranya. Memilih sikat gigi yang nyaman dan benar, perlu diperhatikan beberapa hal-hal berikut ini

1 Ukuran kepala Sikat

Anda akan melihat berbagai kepala sikat yang tersedia, tetapi dengan memilih sikat berkepala kecil akan memudahkan untuk menjangkau ke bagian mulut yang lebih sulit untuk diakses. Untuk alasan ini, banyak dokter gigi juga menganjurkan sikat gigi berkepala bulat, karena tidak ada sudut tambahan yang harus dihadapi!

2 Desain Bulu

Desain bulu sama pentingnya dalam memilih sikat gigi. Semakin banyak produsen sekarang memproduksi kepala dengan berbagai ukuran bulu, yang sangat berguna untuk masuk ke celah yang lebih dalam antara gigi dan lokasi yang sulit dijangkau.

3 Ketegasan Bulu

Sebagian besar orang masih mempertahankan menggunakan sikat gigi dengan bulu yang keras atau kaku. Padahal, bulu yang keras justru dapat merusak gigi dan gusi Anda. Alih-alih menggunakan sikat gigi dengan bulu yang keras, pilihlah bulu sikat yang lembut yang akan sama efektifnya dalam membersihkan gigi, dan akan melakukannya tanpa mengiritasi gusi atau berkontribusi pada penurunan garis gusi.

4 Pegangan

Ketika anda mempertimbangkan bahwa anda harus menyikat gigi setidaknya selama dua menit yang disarankan setiap kali, pegangan yang nyaman dan aman harus menjadi prioritas. Ada banyak varietas yang tersedia, jadi pilih saja mana yang paling mudah untuk membersihkan gigi Anda.

Sikat Gigi Elektrik

Banyak dokter gigi merekomendasikan menggunakan sikat gigi elektrik karena rotasi kepala yang cepat dapat melakukan pekerjaan yang luar biasa untuk membersihkan gigi Anda. Namun, sikat gigi elektrik dan kepala pengganti inuli cukup mahal dan pembersihan gigi manual sama efektifnya jika dilakukan dengan benar.

Jika anda memiliki ketangkasan manual yang terbatas, sehingga mungkin menemukan bahwa sikat gigi elektrik akan membantu untuk mencapai tingkat kebersihan yang dibutuhkan. Jika ragu, bicarakan dengan dokter gigi anda yang akan dapat memberi saran.


Sumber : okezone.com

0 comments: