5 Budaya Jepang yang Terkenal dan Wajib Diketahui, Salah Satunya Festival Kembang Api

Sabtu, Oktober 15, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi kembang api (Foto: Istimewa/Okezone)

Jepang merupakan negara yang memiliki keragaman tradisi dan budaya dengan sejuta keunikannya. Beberapa masih terjaga kelestariannya serta mengalami perkembangan yang tak kalah modern.

Kebudayaan Jepang yang melimpah dengan tradisi unik sudah muncul sejak beberapa tahun lamanya. Budaya tersebut menjadi salah satu hal yang dapat menarik wisatawan untuk mengunjungi Jepang. Keunikan dari setiap kebudayaan Jepang bisa dilihat dari kebudayaan tradisional maupun modern.

Kerennya, keunikan dan kekhasan budaya Jepang yang terkenal akan membuat kesan yang baik di mata wisatawan. Beragamnya kebudayaan Jepang ini bisa dilihat dari banyak hal seperti kehidupan beragama, seni, masakan khas, arsitektur, dan masih banyak hal lainnya.

Melansir dari Japan Talk, berikut adalah budaya Jepang yang terkenal dan wajib diketahui. Yuk simak apa saja itu!

1. Upacara Minum Teh

Upacara minum teh merupakan hal yang lumrah dari budaya Jepang. Budaya ini sangat dipengaruhi oleh praktik Buddhis dan bisa juga sebagai pengalaman meditasi.

Makna dari upacara ini bukan hanya terletak pada praktik minum tehnya, melainkan tentang gerakan menyiapkan teh dan memusatkan semua perhatian pada prosesnya. Bahkan penempatan peralatan sangatlah penting.

Upacara minum teh Jepang memiliki makna yang dalam bagi negara dan mereka yang diundang harus merasa sangat terhormat. Jika diundang pada upacara tersebut, tamu ikut berperan dalam penyajian dan duduk sesuai tingkatan mereka.

2. Onsen

Onsen merupakan tempat pemandian air panas yang bersumber dari air panas alami yang banyak ditemukan di seluruh Jepang. Ini karena Jepang terletak tepat di cincin api pasifik sehingga tidak heran memiliki lebih dari 20.0000 mata air panas.

Jepang memiliki banyak area onsen, tetapi ada lima onsen yang cukup terkenal, di antaranya adalah Dogo, Beppu, Kinugawa, Wakura, dan Hakone. Tak hanya onsen, biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas lain seperti penginapan yang bergaya khas Jepang.

Selain itu, onsen diyakini memiliki kekuatan mistik dan suci karena kandungan mineral dari mata air panas bumi. Juga diklaim dapat menyembuhkan radang pada persendian dan memurnikan kulit. Konon, menjadi tempat bagi dewa-dewa kuno untuk menyembuhkan diri.

Pemandangan yang luar biasa indah bisa ditemukan di area onsen. Suasananya begitu pas untuk melepas penat dan mengistirahatkan tubuh dengan bersantai.

3. Kimono

Kimono merupakan pakaian tradisional Jepang yang terdiri dari lapisan jubah dan terbuat dari sutra, brokat atau satin tenun. Pakaian ini dipakai dalam kehidupan sehari-hari meskipun harganya cukup mahal. Hal ini membuat penduduk Jepang sangat berhati-hati untuk tidak merusak pakaian ini.

Kain kimono dapat didaur ulang hingga akhirnya dapat digunakan sebagai mainan dan kerajinan tangan. Di zaman modern ini, kimono dianggap sebagai pakaian formal dan sering dipakai saat acara kebudayaan seperti upacara minum teh, upacara kedewasaan serta acara pernikahan.

4. Hanami

Hanami atau secara harfiah berarti melihat bunga merupakan tradisi penduduk Jepang yang mengadakan festival di bawah pohon sakura. Masyarakat Jepang akan berkumpul bersama keluarga, teman atau kolega untuk menikmati mekarnya bunga sakura sambil menikmati makanan dan minuman yang dibawa. Bunga sakura juga menjadi simbol budaya Jepang yang telah dirayakan dalam berbagai bidang seperti seni, sastra dan film.

Di Jepang, hanami juga dikenal sebagai lambang kebahagiaan dan tibanya musim semi. Biasanya, tradisi ini berlangsung dari akhir bulan Februari sampai awal bulan Mei, tergantung waktu mekarnya bunga sakura yang berbeda-beda di setiap daerah.

Bagi masyarakat Jepang, hanami memiliki makna yang sangat mendalam. Bunga yang mekar dan berguguran dimaknai sebagai sebuah siklus kehidupan. Karena itulah selain untuk berpesta, hanami juga menjadi momen untuk merefleksikan diri.

5. Hanabi

Hanabi berarti bunga api, dan mencerminkan keindahan kembang api sebagai bagian budaya Jepang yang sangat digemari oleh berbagai kalangan termasuk anak-anak. Populer sejak zaman Edo, festival ini melambangkan datangnya musim panas di Jepang, dengan festival kembang api yang tak terhitung jumlahnya yang menarik ribuan orang. Setiap tahunnya, kembang api terus berinovasi dan berbeda untuk menampilkan desain terbaru dari festival sebelumnya.

Pada festival ini, banyak pengunjung yang menggunakan yukata atau kimono tipis sebagai pakaian mereka. Tak hanya menawarkan pemandangan kembang api, dalam festival ini menjajakan aneka makanan khas Jepang yang hadir pada setiap stannya. Makanan yang biasa dijual seperti takoyaki, okonomiyaki, ayam goreng dan masih banyak kuliner lezat lainnya.



Sumber : okezone.com

0 comments: