5 Tips Agar Makanan Rumah Menjadi Lebih Sehat untuk Tubuh

Senin, Oktober 31, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi (foto: istimewa)

BAGI beberapa orang, makanan yang dimasak dirumah akan jauh lebih sehat dibandingkan saat kita makan diluar. Tak perlu kebingungan ingin memasak apa, karena saat ini sudah banyak resep yang dibagikan di internet.

Makan sehat adalah makanan yang mengandung nilai gizi seimbang dan dibutuhkan oleh tubuh. Bisa dikatakan sehat apabila didalamnya terdapat nutrisi seperti protein, karbohidrat, lemak, air, dan vitamin.

makanan rumah sehat

Dikutip dari Redbook, berikut adalah tips mudah untuk memasak agar makanan lebih sehat.

1. Tambahkan Sayuran

Salah satu cara termudah untuk membuat masakan lebih sehat adalah menggunakan atau menambah sayur ke dalam resep anda. Tambahkan sayuran hangat seperti jamur ke dalam burger buatan sendiri sebelum dipanggang dan gunakan lah sayuran hijau atau kubis yang besar daripada memakai roti biasa.

Termasuk juga tambahan sayur di dalam salad sebagai hidangan tambahan saat makan yang sepenuhnya terbuat dari sayur sayuran.

2. Memasak Dalam Jumlah Banyak

Buat lah rencana atau atur jadwal masakan kedepannya seperti apa. Dengan membuat makanan yang banyak, hal ini bisa menghemat waktu dan jika ada sisa makanan bisa di letakkan di lemari pendingin. Yang berarti waktu untuk memasak berkurang sehingga dapat digunakan untuk menikmati makanan.

3. Membeli Makanan Beku

Jangan takut untuk membeli produk makanan beku. Buah dan sayuran beku di ambil dan langsung dibekukan saat segar segarnya, jadi jika anda tidak dapat datang ke pasar seminggu sekali, belilah stok persediaan makanan beku seperti blueberry, brokoli, wortel, jagung, kacang kacangan, raspberry, strawberry dan masih banyak lagi makanan beku lainnya.

4. Pilih Metode Masak Yang Sehat

Disaat ingin memasak dirumah perhatikan juga metode masak yang dilakukan. Makanan yang sehat bisa dimasak dengan cara dikukus, direbus ataupun ditumis. Metode ini memerlukan sedikit minyak tanpa menambahkan bahan yang lain.

Tetapi jika ingin memanggang sayuran, masak sayur tersebut dalam suhu 350 derajat dalam waktu 20-30 menit agar sayur tidak kematangan.

makanan rumah sehat

5. Perhatikan Pemilihan Minyak

Saat anda sudah memilih cara memasak, pilihlah minyak yang cocok untuk teknik memasak dan cara memasak anda. Contohnya minyak alpukat yang sudah di proses yang berasal dari west bourne merupakan minyak yang terbaik untuk memasak dengan cara seperti dibakar, atau digoreng di panci dengan temperatur tinggi, tumis, atau pun panggang.

Lemak sapi atau lemak babi akan bisa dimasak dengan cara tumis juga. Minyak seperti minyak zaitun atau minyak alpukat adalah minyak yang bagus untuk saus buatan sendiri atau salad. Anda juga bisa meletakanya di makanan yang bakar atau di makanan penutup seperti es krim.Yaaa, Eskrim! Cobalah dan ambil semangkuk eskrim yang kamu suka, seperti Enlightened (dikenal dengan rendah gula) yang diberikan sedikit minyak alpukat atau minyak zaitun.


Sumber : okezone.com

0 comments: