5 Tips Memilih Pakaian untuk Naik Gunung agar Nyaman dan Aman

Selasa, Oktober 11, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi Tips Memilih Pakaian untuk Naik Gunung , Foto/Unsplash/Frenky Harry
Gunung dan pemandangannya yang indah sangat menarik untuk dinikmati. Jika akan naik gunung, siapkan perlengkapan dan pakaian untuk naik gunung yang tepat. Selain itu, cari informasi seputar medan yang akan dilalui. Berikut ini tips memilih pakaian untuk naik gunung agar aman dan nyaman.
Dikutip dari situs resmi bencanapedia.id, gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Bagian permukaan ini menjulang lebih tinggi dibandingkan kawasan sekelilingnya.

Tips Memilih Pakaian untuk Naik Gunung

Ilustrasi Tips Memilih Pakaian untuk Naik Gunung. Foto: Unsplash/Hamzah Hanafi.
Berikut ini Jendela Dunia akan memberikan 5 tips memilih pakaian untuk naik gunung agar aman dan nyaman. Berikut ulasannya:

1. Pilih Pakaian yang Menyerap Keringat

Suhu udara yang akan kamu hadapi di gunung bukan hanya suhu udara yang rendah dan bisa membuat kamu kedinginan. Udara dingin ini akan kamu temui pada awal perjalanan, tetapi kamu akan bertemu dengan cuaca panas yang membuat gerah di tengah perjalanan.
Agar aktivitasmu berjalan lancar, kamu wajib menggunakan pakaian yang bisa menyerap keringat berbahan polyster, wol, atau sintetis.

2. Gunakan Baju Berwarna Terang

Hutan Indonesia adalah hutan hujan tropis dengan vegetasi yang rapat. Jadi, sebisa mungkin gunakan baju berwarna terang dan hindari warna-warna gelap.

3. Gunakan Pakaian Berbahan yang Kuat

Pastikan pakaian yang kamu gunakan terbuat dari bahan yang durable agar tidak mudah rusak atau robek ketika terkena gesekan di hutan.

4. Gunakan Pakaian dari Bahan yang Direkomendasikan untuk Kegiatan Outdoor

Tingkat kelembapan yang tinggi akan memperbesar kemungkinan turunnya hujan selama pendakian. Baju basah, udara dingin, dan angin kencang bisa memicu hipotermia.
Kamu harus mengantisipasi hal tersebut dengan membawa baju ganti serta bekal yang cukup agar terhindar dari hipotermia. Bawalah pakaian yang memang direkomendasikan untuk kegiatan mendaki gunung.

5. Jangan Pakai Baju Katun

Perlu kamu perhatikan, baju untuk naik gunung jangan yang berbahan katun. Pada kondisi lingkungan panas, kaus katun, denim, dan jeans memang nyaman digunakan. Namun, saat mendaki gunung, kain katun merupakan bahan pakaian yang sebaiknya kamu hindari.
Demikian informasi mengenai tips memilih pakaian untuk naik gunung agar kamu aman dan nyaman. Semoga artikel ini bisa kamu jadikan referensi sebelum naik gunung.

Sumber : kumparan.com

0 comments: